Individu Multitasking Tuntutan Dunia Industri Digital Saat Ini

Yogyakarta (24/5) STMM “MMTC” . menggelar Seminar yang bertajuk “Peran Penyiaran Dan Multimedia Dalam Pembangunan Industri Digital Indonesia”. Seminar yang digelar dalam rangka Dies Natalis  STMM  ke 32 ini  menghadirkan Jurnalis kawakan Nurdjaman Muchtar yang saat ini menjadi CEO dari PT. Digital Vertical Horizontal yang lebih dikenal dengan arah.com  situs berita online yang cukup popular. Narasumber lain yang dihadirkan adalah Bimo Putra Dwitya seorang content creator  YouTuber yang sedang menjadi hits saat ini, bukan hanya karena sosok gantengnya tetapi juga kreativitasnya yang mampu menggaet ribuan viewers.     

Dalam  presentasinya Nurdjaman Muchtar menyampaikan tentang fenomena sosial media yang luar biasa, yang menggilas media-media konvensional lainnya seperti, media cetak, media radio dan televisi. Strategi industri media dalam meningkatkan eksistensinya bukan hanya dalam  sajian konten media-nya tetapi juga memanfaatkan kemajuan teknologi dan juga sosial media

Sosok muda yang inspiratif, Bimo Putra Dwitya juga membagikan kisah suksesnya yang berawal dari keisengannya dalam mengunggah video-video karyanya dengan menggunakan YOUTUBE Picky Picks.  Sebagai seorang YouTuber, Bimo menjadikan kreativitasnya juga membawa sukses finansial baginya. Bimo yang spontan, lucu dan gaul adalah potret generasi muda saat ini. Banyak hal positif yang dapat diambil dari hobi yang ditekuninya, tetapi yang patut diteladani, Bimo adalah sosok yang sangat menghormati dan mengagumi Ibunya. Bimo mengatakan, bahwa ibunya adalah orang yang tidak pernah mengharuskan dia kuliah di PT ternama, punya gelar dan sebagainya. Ibunya hanya menginginkan Bimo menjadi orang yang “fun” menikmati dan bertangung jawab pada pilihan hidupnya dan harus mandiri. .

 

Dipenghujung acara, Nurjaman Muchtar menanggapi pertanyaan peserta sekaligus menyampaikan pesannya, bahwa para mahasiswa harus mampu menyiapkan diri bukan hanya mampu di satu bidang  saja tapi juga harus memiliki bekal keterampilan yang lain.  Angkatan muda  dengan kemampuan multitasking yang  mampu  bersaing dalam menjawab peluang dan tantangan, adalah produk yang diminati dunia kerja saat ini.

 

Para peserta seminar  yang hadir dari berbagai kampus, sangat antusias mengikuti acara ini.  Sesi tanya jawab juga berlangsung dinamis dengan dipandu oleh Yolanda salah satu dosen muda di STMM “MMTC”.  Jawaban-jawaban narasumber yang menggelitik, mampu membuat hadirin bertahan hingga acara berakhir. (L.Ag -2017)