Kominfo Dorong Peningkatan Daya Saing Angkatan Kerja Bidang Komunikasi

PENULISAN NASKAH : Sejumlah peserta uji kompetensi bidang keahlian Penulisan Naskah, serius mengerjakan materi ujian di Joint Lecture Room STMM Yogyakarta, Kamis 20 Juli 2017.

 

-Sertifikasi Nasional Berbasis SKKNI

Kominfo Dorong Peningkatan Daya Saing Angkatan Kerja Bidang Komunikasi

 

YOGYAKARTA - Pusat Pengembangan Literasi dan Profesi SDM Komunikasi, Badan Litbang SDM Kemenkominfo RI menggelar "Sertifikasi Nasional berbasis SKKNI bidang Komunikasi untuk Angkatan Kerja Muda", 19-22 Juli 2017 di Yogyakarta. Kegiatan yang melibatkan Sekolah Tinggi Multi Media (STMM) ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing dan produktivitas tenaga kerja industri bidang komunikasi.

                Sertifikasi ini dilaksanakan The Sahid Rich Hotel dan kampus STMM. Pembukaan dilakukan Rabu 19 Juli dihadiri oleh Kepala Badang Litbang SDM Kominfo, Dr Basuki Yusuf Iskandar, Kepala Pusbang Litprof SDM Komunikasi Prof Dr Gati Gayatri MA, serta anggota Komisi I DPR RI Sukamta PhD.

Sebanyak 75 peserta dari kawasan DIY mengikuti kegiatan ini. Panitia menyeleksi peserta dengan kualifikasi minimal lulusan SMK, D3, D4, S1 bidang komunikasi dengan konsentrasi studi penyiaran, animasi, video editing, multimedia, dan kehumasan.

Mereka yang terpilih menjadi peserta juga diutamakan angkatan muda yang belum bekerja dan tidak sedang melanjutkan pendidikan. Selain itu, peserta harus memenuhi kualifikasi akademik nilai rata-rata minimal 70 untuk lulusan SMK, dan IPK minimal 3,00 dari skala 4,00 untuk lulusan D3,D4, dan S1.

Para peserta tersebut kemudian memilih satu cluster atau bidang keahlian yang ada pada Panitia Teknis Uji Kompetensi (PTUK) STMM. Cluster tersebut adalah : Pembuatan 3D Model Digital - Penulisan Naskah, Pelaksanaan Produksi Audio Visual, Master of Ceremony serta Penyuntingan Audio Video. Sebelum melaksanakan uji kompetensi bersama tim asesor, peserta akan mendapatkan materi tentang sertifikasi, dan review materi untuk tiap bidang keahlian. (Sony Wibisono)