Tim Animasi STMM Juara 3 Nasional Desain Karakter

STMM/dok

R Abu Rizal Mansur dan Dika Rifdasalsa Permana saat menerima hadiah, berfoto berfoto bersama Dekan FSRD UNS, Drs Ahmad Adib M.Hum PhD (tengah).

 

Tim Animasi STMM Juara 3 Nasional Desain Karakter

TIM Sekolah Tinggi Multi Media (STMM) Yogyakarta meraih juara 3 pada Kompetisi Character IP Design pada ajang DXC #1 Digital Media Exhibition and Animasi Challenge di Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Universitas Sebelas Maret Surakarta. Tim STMM yang terdiri dari R Abu Rizal Mansur dan Dika Rifdasalsa Permana berhak atas uang tunai Rp 2.500.000 dan piagam. Penerimaan hadiah dilakukan 14 November di FSRD UNS.

                Rizal dan Dika pada ajang kompetisi tingkat nasional ini membuat karakter bernama Kader. Karakter ini terinspirasi dari kekayaan suku dan budaya Indonesia. Setidaknya ada dua budaya yang melebur dalam karakter Kader.

“Kami ingin menampilkan kesenian beladiri dari Madura dengan lagu tradisional yang sangat khas yang selalu mengiringi pada setiap acara adat di daerah tersebut. Di sisi lain kami ingin menggabungkan kebudayaan dari teman kami yang berasal dari Tasik (Tasikmalaya) dengan ciri khas tutup kepala yang khas serta selendang di pinggangnya,” terang Rizal yang baru memasuki semster 1 di Prodi Animasi STMM.

Rizal menambahkan, karakter Kader juga mengenakan kaos bercorak merah putih yang mencerminkan kesatuan negara kita negara NKRI.

Menurut, Rizal tim ini sebelumnya belum pernah mengikuti lomba serupa. Pengalaman mengikuti lomba animasi dengan membawa nama STMM menurutnya suatu hal yang membanggakan.  

“Menurut saya animasi adalah suatu seni media yang sangat hebat serta unik. Bukan hanya sekedar film biasa,suatu hal yang dapat mengajarkan kita untuk lebih bisa mengapresiasi karya para pembuat di balik layar yang masing-masing memiliki keahlian hebat,” kata pria kelahiran Jember 2 Agustus 1997.

Rizal mengungkapkan ingin lebih banyak yang bergabung dan menciptakan suatu hal yang hebat. “Sebuah karya yang dapat menyebarkan kebaikan kepada seluruh manusia,” pungkasnya. (Sony Way)