PROGRAM TEKNOLOGI PERMAINAN
JURUSAN ANIMASI DAN TEKNOLOGI PERMAINAN
SEKOLAH TINGGI MULTI MEDIA YOGYAKARTA
- VISI DAN MISI PROGRAM STUDI
- Visi :
Menempatkan diri sebagai program studi yang menciptakan kelulusan kreatif dalam pemenuhan pasar industri pengembang game (game developer) dengan mengangkat kearifan lokal.
- Misi :
- Menghasilkan tenaga profesional dan aplikatif di bidang desain teknologi permainan.
- Mengembangkan hasil riset untuk meningkatkan pelayanan prima guna memenuhi tuntutan masyarakat di bidang desain teknologi permainan.
- Menciptakan sumber daya manusia di bidang desain teknologi permainan yang berperan yang berperan aktif dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan pembangunan.
- Membangun etika profesi di bidang desain teknologi permainan.
- TUJUAN PROGRAM STUDI
- Tujuan Khusus :
Menghasilkan lulusan berkemampuan manajerial professional dalam bidang perancangan game yang dapat diaplikasikan pada berbagai macam media untuk mencapai tujuan di bidang; pendidikan, bisnis, dan sosial.
- Tujuan Umum :
Menghasilkan lulusan yang mampu merancang dan membuat, game yang memuat kearifan lokal dengan pemanfaatan perangkat multi media berdasarkan teamwork berbasis riset.
KURIKULUM PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PERMAINAN (TP)
SEKOLAH TINGGI MULTI MEDIA YOGYAKARTA
SEMESTER I | ||||||
Nama Mata Kuliah | Bobot SKS | |||||
Pendidikan Agama | 2 | |||||
Pendidikan Pancasila | 2 | |||||
Bahasa Indonesia | 2 | |||||
Bahasa Inggris | 2 | |||||
Ilmu Budaya Nusantara | 2 | |||||
Ilmu Komunikasi | 2 | |||||
Psikologi Persepsi | 2 | |||||
Creative Thinking | 2 | |||||
Riset Kualitatif | 2 | |||||
Nirmana | 3 | |||||
TOTAL | 21 | |||||
SEMESTER II | ||||||
Nama Mata Kuliah | Bobot SKS | |||||
Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | |||||
Pengantar Animasi dan Game | 3 | |||||
Edu game | 2 | |||||
Pengenalan Rancangan Game | 3 | |||||
Disain Komunikasi Visual | 3 | |||||
Drawing | 3 | |||||
Algoritma Pemrograman | 2 | |||||
Algoritma Pemrograman | 2 | |||||
Praktik I | 2 | |||||
TOTAL | 22 | |||||
SEMESTER III | ||||||
Nama Mata Kuliah | Bobot SKS | |||||
Logika Game | 2 | |||||
Basis Data | 2 | |||||
Kajian Media Game | 2 | |||||
Penulisan Naskah Game | 3 | |||||
Perancangan Karakter | 3 | |||||
Pemrograman Game | 3 | |||||
Komputer Grafis | 3 | |||||
Digital imaging | 3 | |||||
Praktik II | 2 | |||||
TOTAL | 23 | |||||
SEMESTER IV | ||||||
Nama Mata Kuliah | Bobot SKS | |||||
Dasar-Dasar jaringan Komputer | 2 | |||||
Perancangan Lingkungan Game | 3 | |||||
Multimedia Interaktif | 3 | |||||
Modelling 1 | 3 | |||||
Animasi Game 1 | 3 | |||||
Penyutradaraan Game | 2 | |||||
Perancangan Sistem Game | 2 | |||||
Praktik III | 4 | |||||
TOTAL | 22 | |||||
SEMESTER V | ||||||
Nama Mata Kuliah | Bobot SKS | |||||
Modelling 2 | 3 | |||||
Web Design | 3 | |||||
Game Artificial Intelligence | 2 | |||||
Antar Muka Game (Game Interface) | 3 | |||||
Sound Effect and music Illustration | 3 | |||||
Animasi Game 2 | 3 | |||||
Praktik IV | 4 | |||||
TOTAL | 21 | |||||
SEMESTER VI | ||||||
Nama Mata Kuliah | Bobot SKS | |||||
Kapita Selekta Game | 2 | |||||
Game Technopreneur | 2 | |||||
Special Effect | 3 | |||||
Animasi Game 3 | 3 | |||||
Perancangan Level | 3 | |||||
Integrasi Game | 3 | |||||
Praktik V | 6 | |||||
TOTAL | 22 | |||||
SEMESTER VII | ||||||
Nama Mata Kuliah | Bobot SKS | |||||
Kerja Praktik | 4 | |||||
TOTAL | 4 | |||||
SEMESTER VIII | ||||||
Nama Mata Kuliah | Bobot SKS | |||||
Tugas Akhir | 6 | |||||
TOTAL | 6 | |||||
TOTAL SKS | 147 |