Apresikom Mahasiswa Kedinasan  MMTC 

Wadah Apresiasi Kebhinekaan Indonesia

    Mahasiswa Kedinasan Diploma II STMM MMTC akan mengadakan kegiatan praktik Apresikom (Apresiasi Seni, Informasi dan Komunikasi) yang berlangsung selama 3 hari dan akan dibuka pada 27 September 2012 di Pendopo Mahasiswa MMTC.   Kegiatan ini akan dibuka dengan prosesi kirab, yaitu arak-arakan para peserta APRESIKOM dengan mengenakan pakaian adat kraton Yogya. Prosesi kirab nantinya akan disertai dengan pemotongan tumpeng oleh pimpinan MMTC dan pemukulan kentongan sebagai salah satu simbol dimulainya acara.       

         Kegiatan ini adalah praktik yang dikemas dalam bentuk event dengan konsep mewujudkan komunikasi yang  bersifat  multimedia  dengan implementasi  kegiatan apresiasi seni dan komunikasi. Tema besar yang diusung dalam praktik Apresikom ini adalah Bhineka Tunggal Ika.

Peserta dibagi menjadi 3 kelompok, masing-masing mempunyai tema kecil yang berkesinambungan yaitu,

Kelompok I     :  Kolaborasi nilai Bhineka Tunggal Ika dari dahulu sampai sekarang,

kelompok II    :  Keanekaragaman budaya indonesia salah satunya sendra tari.

kelompok III : Penjernihan, maksudnya pemilahan antara budaya satu dengan budaya yang lainnya.

          Prosesi acara Kelompok I adalah  awal berlangsungnya kegiatan,  diantaranya akan ada pertunjukan rakyat dan pameran yang diulas secara detail dalam sarasehan. Amrin Wahid  selaku Program Director Apresikom  berharap bahwa setelah praktik Apresikom nantinya akan lebih  mempererat tali persaudaraan yang terjalin diantara mahasiswa kedinasan  yang  berasal dari berbagai wilayah Indonesia dan berbeda adat budaya. Selain itu juga akan dapat memotivasi mahasiswa kedinasan yang lain untuk melakukan kegiatan serupa. (tnd,)