Era Digital, Menkominfo Dorong Reposisi STMM   - Career Expo Idtalent-STMM -

STMM/Oktavian BP

BERI CERAMAH : Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara memberi ceramah pada seminar dalam Career Expo Idtalent-STMM, di kampus setempat, Sabtu 9 Januari 2017.

 

Era Digital, Menkominfo Dorong Reposisi STMM

Career Expo Idtalent-STMM 

YOGYAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara mendorong pendidikan tinggi untuk melakukan reposisi, seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi dan media.  Rudiantara, secara khusus menyebut Sekolah Tinggi Multi Media (STMM) Yogyakarta, yang sektor keilmuannya di bidang multimedia, sekaligus bagian kelembagaan Kominfo bisa menjadi pionir.

                “MMTC (kini menjadi STMM.red), 32 tahun ketika didirikan ekosistemnya beda jauh dengan sekarang. Dulu hanya ada penyiaran, radio dan televisi. Sekarang, di era internet, media digital berkembang, cepat,” ujarnya saat menjadi pembicara seminar dalam Career Expo Idtalent-STMM, di kampus setempat, Sabtu 9 September 2017.

                Dulu, kata Rudiantara media penyiaran hanya bisa dihitung dengan jari. Namun, di era sekarang ini izin frekuensi siaran sudah lebih dari seribuan. “Dulu MMTC mendidik orang untuk kebutuhan kalau tidak TVRI ya RRI. Sekarang ini yang masuk perizinan penyiaran di Kominfo sudah 1.000-an. Ini yang harus diikuti oleh MMTC,” jelasnya pada acara yang mengambil tema “Unleash the Potential and Creativity in Digital Era".

                Berbagai media digital saat ini menjadi tantangan bagi dunia pendidikan tinggi. Terutama bagaimana institusi pendidikan bisa memberikan konten yang berkualitas.

                Rudiantara yang sebelum berbicara menyempatkan mengunjungi studio di STMM menyatakan, peralatan yang ada meskipun dibilang terbaik di Indonesia tidak menjadi jaminan. Menurutnya peralatan yang ada masih mencerminkan bagaimana kondisi 30 tahunan yang lalu.

                “Ini bukan njelekin ya. Tapi jika masih seperti itu terus 20 tahun lagi MMTC bisa hilang. Sekarang orang sudah lebih akrab dengan smartphone. Bagaimana broadcasting menghadapi itu,” katanya.

Rudiantara juga mengapresiasi berbagai capaian prestasi dari para mahasiswa STMM di forum nasional maupun internasional. Namun, baginya yang lebih penting adalah perkembangan ICT itu harus bisa menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi, dan memberikan tatanan masyarakat yang lebih baik.  

“Saya tidak akan sungkan untuk overhaul dan memberi dana (pada STMM.red),” tegasnya. (Sony Way)