Worskhop Online Journalism Bagi Wartawan Negara Pasifik Selatan

Pada hari Kami tanggal 4 Oktober Kampus STMM mendapatkan kunjungan tamu wartawan asing negara Pasifik Selatan. Kunjungan ini merupakan salah satu rangkaian Kunjungan Jurnalistik Wartawan Asing Negara Pasifik Selatan ke Indonesia yang diinisiasi oleh Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. 

Dalam kunjungannya, delegasi yang didampingi oleh Direktur Informasi dan Komunikasi Polhukam, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI selain untuk melihat fasilitas yang ada di STMM, diantaranya studio TV dan studio Radio, juga untuk mengikuti agenda utama dari kunjungan yaitu mengikuti workshop Online Journalism. 

Sebanyak sebelas wartawan yang diantaranya berasal dari Nauru, Solomon Island, Fiji, Kerajaan Tonga, Tuvalu, Vanuatu, Papua Nugini, Palau, dan Samoa antusias mengikuti workshop Online Journalism yang diampu oleh dosen-dosen STMM. Dalam waktu yang bisa dibilang cukup singkat, sekitar empat jam, terdapat tiga materi yang dibahas dalam workshop ini, yang pertama mengenai konsep jurnalisme pada saat ini, online journalism secara teknis, dan kemudian penulisan berita. Selain berdiskusi mengenai teori jurnalisme dan penulisan naskah, peserta workshop juga secara langsung praktek menulis dan mengunggah tulisan mereka ke laman website. 

Kunjungan dan workshop Online Journalism ini merupakan salah satu bentuk perwujudan komitmen pemerintah Indonesia untuk turut serta membangun negara Selatan-Selatan. Serta dalam rangka meningkatkan kerja sama ekonomi, hubungan sosial budaya, dan untuk meningkatkan citra positif Indonesia di kawasan negara-negara Pasifik Selatan. Seperti yang disampaikan oleh Ketua STMM, Ir. Noor Iza, M.Sc., dalam sambutan selamat datangnya, STMM di bawah Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, berkomitmen untuk turut serta berperan dalam meningkatkan Kerjasama Selatan Selatan untuk menciptakan kesejahteraan bersama yang berkelanjutan.