Profesi Kreatif Semakin Diminati, Lulusan STMM Harus Tingkatkan Networking

YOGYAKARTA – Anak muda di era digital mempunyai orientasi baru dalam memilih profesinya. Broadcaster, videografer,animator, content creator, juga profesi di bidang startup menjadi primadona mereka. Hal itu disebabkan, profesi-profesi tersebut sangat menjanjikan di era industri kreatif. Dukungan pemerintah terhadap sektor ini pun semakin besar. 

              “Bukan saja karena besarnya dukungan pemerintah di industri digital, tetapi bidang tersebut memberikan kebebasan dalam berkreasi dan menumbuhkan energi positif didunia kerjanya,” demikian dikatakan salah satu anggota Dewan Penyantun Sekolah Tinggi Multi Media (STMM), Prof. Wiendhu Nuryanti PhD, saat orasi ilmiah pada Wisuda STMM Tahun 2018, Rabu 4 Desember.

Karenanya, Wiendhu menambahkan, setelah diwisuda diharapkan alumni STMM semakin meningkatkan networking dengan berbagai komunitas, industri kreatif dan tokoh-tokoh senior dunia seni.

Sehari sebelumnya pada sesi Foccus Group Discussion, Dr Ishadi SK yang juga anggota Dewan Penyantun STMM juga memberikan gambaran peluang baru bisnis dari bidang game dan e-sport. Ia mencontohkan salah satu gamers handal Indonesia, Justin atau Jess No Limit menjadi anak muda yang sukses karena game. Ungkapan Ishadi menjadi kesempatan dan harapan bagi STMM karena mempunyai Prodi D4 Desain Teknologi Permainan.   

Selain kedua anggota Dewan Penyantun di atas, prosesi wisuda juga dihadiri Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo, Dr Basuki Yusuf M.A.

311 Wisudawan dan Wisudawati

Tahun ini wisuda STMM diikuti 311 orang yang terdiri dari 3 (tiga) Jurusan yaitu Jurusan Penyiaran, Jurusan Animasi dan Teknologi Permainan, serta Jurusan Komunikasi Informasi Publik (KIP). Jurusan Penyiaran merupakan Program Diploma IV yang terdiri dari 3 Program Studi yaitu Program Studi Manajemen Produksi Siaran (Manaprodsi) sebanyak 102 orang, Program Studi Manajemen Produksi Pemberitaan (Manarita) sebanyak 36 orang, dan Program Studi Manajemen Teknik Studio Produksi (Matekstosi) sebanyak 114 orang.

Jurusan Animasi dan Teknologi Permainan merupakan Program Diploma IV terdiri dari 2 Program Studi yakni Program Studi Animasi sebanyak 27 orang, dan Program Studi Teknologi Permainan sebanyak 14 orang. Sedangkan Jurusan Komunikasi Informasi Publik merupakan satu-satunya Program Strata 1 dengan Program Studi Manajemen Informasi dan Komunikasi (MIK) sebanyak 18 orang. Dari keseluruhan wisudawan/wisudawati tersebut, sebanyak 11 orang meraih predikat Cumlaude, dengan nilai tertinggi diraih 2 orang wisudawan yaitu Hendri Sulistyo dari Jurusan Penyiaran Program Studi Manajemen Produksi Siaran (Manaprodsi) dan Cahya Wening  dari Program Studi Manajemen Produksi Pemberitaan  (Manarita) dengan IPK : 3,89. (Lila/Sony)