Grand Launching Media Informasi Berita On Line

Ketua STMM Noor Iza, Pembantu Ketua 3 Nunuk Parwati bersama seluruh Tim Alinea.(foto: Rr)

 

Berkolaborasi dengan acara Hipwee Goes to Campus sebagai pengenalan media online untuk anak muda, Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta meluncurkan Media Informasi Berita On Line "Alinea"  yang dapat diakses melalui www.alinea.mmtc.ac.id sebagai portal berita dari mahasiswa untuk dunia, Jumat (22/3) di Auditorium STMM Yogyakarta.

 

Ketua Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta, Ir. Noor Iza, M.Sc. dalam sambutannya, menyampaikan “lahirnya media online “Alinea” yang dikelola oleh mahasiswa merupakan langkah nyata Mahasiswa STMM untuk turut andil membangun media di Indonesia”.

 

Grand Launching Media Informasi Berita On Line "Alinea" ditandai dengan dibukanya akses web Alinea dengan menempelkan 5 sidik jari oleh Ketua STMM Ir. Noor Iza, M.Sc didampingi Pembantu Ketua 3 Bidang Kemahasiswaan Dra Nunuk Parwati, MM, Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Yogyakarta sekaligus Pimpinan Redaksi Harian Jogja, Anton Wahyu Prianto, Co-founder Hipwee sekaligus Editor, Nendra Primonik Sekar Rengganis, serta Ketua Alinea Bayu Seno Aji.

 

"Karena kebutuhan untuk mengakses berita yang  tervalidasi sangat penting. Selain itu, Alinea juga bisa menjadi langkah awal bagi teman-teman mahasiswa STMM yang memang tertarik di bidang jurnalistik untuk mengasah kemampuannya sejak perkuliahan semester awal," tutur Bayu Seno Aji, Ketua Alinea.

Menurut Bayu, STMM sangat peduli dengan perkembangan media dan lahirnya Alinea ini adalah bukti  keberhasilan  MMTC bersama mahasiswa di dalamnya karena tak hanya berita kampus, tapi media ini lebih fokus pada berita umum yang memang dinilai sangat penting bagi masyarakat.

 

Acara yang dikemas dalam talkshow ini menghadirkan nara sumber Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) sekaligus Pemimpin Redaktur Harian Jogja, Anton Wahyu Prianto, dan Editor In Chief Hipwee,  Soni Triantoro.


 Flo Novia Dinda (Moderator), Soni Triantoro, Riza Rozaliani Anton Wahyu Prianto (narasumber dari kiri ke kanan). (Foto: Rr)

 

Rangkaian acara tersebut diawali sharing informasi mengenai salah satu media online Hipwee. Kolaborasi kerjasama Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta dengan Hipwee diharapkan menjadi penyemangan, pemacu dan memberikan nilai positif untuk keberlanjutan Alinea.

Dalam acara tersebut, Editor sekaligus Co-founder Hipwee, Nendra Primonik Sekar Rengganis yang sering disapa Monik menceritakan awal mula kelahiran Hipwee. Monik mengatakan “tidak ada yang tidak mungkin asalkan passion dan semangat untuk membuat suatu inovasi baru selalu ada”.

 

Pada kesempatan tersebut, Soni Triantoro memperkenalkan media on line Hipwee kepada sekitar 200 peserta mahasiswa STMM yang memenuhi kursi auditorium STMM MMTC. Sony mengajak  mahasiswa STMM ikut mengirimkan tulisan untuk dipublikasikan di media online Hipwee. Sony menambahkan “tidak ada topik yang tidak bisa ditulis, semua topik bisa ditulis, dan semua pasti bisa menjadi penulis”.

 

Hal senada disampaikan oleh Ketua AMSI, Anton Wahyu Prianto, dalam sesinya yang mengupas tentang hukum dan etika jurnalistik. Dalam paparannya, Anton menyampaikan kutipan yang ditulis oleh Pramoedya Ananto Toer yang menyatakan bahwa orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian. Anton mengibaratkan menulis seperti proses menaiki sepeda. Tidak ada yang instan. Tapi harus dimulai dari sekarang. Anton berpesan dengan lahirnya Alinea ini, awak redaksi yang tergabung didalamnya harus mematuhi pedoman jurnalistik yang benar.

 

Sementara itu, Riza Rozaliani juga hadir sebagai nara sumber yang berbagi pengalaman dalam menulis. Riza adalah salah satu kontributor penulis media online Hipwee yang merupakan mahasiswa Program Studi Manajemen Produksi Siaran di STMM. Sejumlah tulisan tentang berbagi pengalaman menjadi tulisan yang kerap muncul pada media online Hipwee. Kumpulan tulisannya tersebut, kini telah dibukukan dalam buku novel berjudul "Asa Rasa Semesta". Dengan berbagi pengalaman ini diharapkan mampu menjadi pematik bagi mahasiswa lain makin banyak menulis. (Ruri. Editor: Ayu.Dy)