Pengabdian Masyarakat Dosen Prodi Manajemen Produksi Pemberitaan di Surabaya

Kegiatan pengabdian masyarakat dosen Prodi Manarita STMM bekerjasama dengan Lembaga Publik Radio Republik Indonesia Surabaya meyelenggarakan  Bimbingan Teknik Citizen Journalism bagi masyarakat pendengar setia RRI Surabaya dari kalangan pelajar , mahasiswa dan masyarakat.

Para dosen yang terdiri dari praktisi dibidang jurnalistik dan akademisi  selama pelatihan menyampaikan materi untuk menjadi jurnalis warga yang kelak peserta dapat melaporkan berita secara langsung dari tempat peristiwa yang terjadi di masyarakat.

Kepala Stasiun RRI Surabaya  Dra.Sumarlina,MM  saat membuka pelatihan,(selasa 23 April 2019) menyatakan pelatihan ini penting bagi  peserta  untuk menjadi jurnasli warga yang  dapat berkontribusi bagi RRI Surabaya. RRI Surabaya dengan program siaran selama 19 jam setiap hari melalui chanel satu regional , channel dua program untuk anak muda dan channel empat khusus  budaya memiliki program informasi lalu lintas setiap pagi dan petang hari. Peserta diharapkan nantinya tidak hanya melaporkan tentang lalu lintas tetapi juga apa yang terjadi dilingkungannya yang memiliki nilai berita. Kepsta RRI Surabaya berharap 20 peserta pelatihan pada saatnya nanti mereka menjadi jurnalis professional .

Sementara itu Ketua Program Studi Manarita Drs.Basirun,M.Pd menyatakan selama pelatihan para dosen akan memberikan materi jurnalistik dan bagaimana melakukan reportase dan wawancara untuk mengumpulkan data dan menggali informasi dari nara sumber. Selain itu peserta juga akan diberikan wawasan tentang kebijakan Pemberitaan RRI yang  disampaikan Kepala Bidang Pemberitaan Drs.Yusri,M.Ikom.

Selama pelatihan para peserta  juga akan melakukan praktek  memproduksi reportase langsung dari tempat peristiwa dengan menerapkan SOP yakni mulai dari perencanaan memilih materi  dan persiapan produksi agar reportase memenuhi standard jurnalistik dan kwalitas siaran.(Nunuk.P)