Prodi MIK Ajarkan Strategi Komunikasi Efektif pada Perangkat Desa Srumbung



Program Studi Manajemen Informasi dan Komunikasi (MIK) Sekolah Tinggi Multi Media melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat berupa Pelatihan Komunikasi Efektif bagi Perangkat Desa di Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang Jawa Tengah, 29 April-4 Mei 2019. Bertempat di Aula Kecamatan, pelatihan ini diikuti oleh 20 orang perangkat desa di Kecamatan Srumbung. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk Tridharma Perguruan Tinggi yaitu dharma Pengabdian kepada Masyarakat. Perguruan Tinggi melalui dosen, mahasiswa dan segenap civitas akademika harus peka terhadap berbagai persoalan yang ada di masyarakat serta dapat memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan kesejahteraan dan mencerdaskan kehidupan bangsa.


 


Kegiatan diawali dengan Sambutan oleh Ketua Jurusan Komunikasi Informasi Publik, Irawan, S.Sos, MA dilanjutkan Sambutan oleh Sekretaris Camat Srumbung, Drs. Moch. A. Chusen sekaligus membuka pelatihan. Pemerintah Kecamatan Srumbung menyambut baik kegiatan ini untuk menambah wawasan dan keterampilan aparatur desa dalam menunjang tugas keseharian mereka melayani masyarakat.

 

Pelatihan selama 5 hari ini memadukan metode ceramah, diskusi interaktif, studi kasus, dan praktik yang dipandu langsung oleh pemateri. Diawali dengan materi Literasi Media oleh Drs. Sigit Purnomo, M.Si tentang dampak positif dan negatif media; baik media konvensional maupun media baru. Dilanjutkan materi Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi oleh Ulil Hakam, S.Sos, MA yang membahas pentingnya gerakan internet sehat bagi masyarakat. Kedua topik ini relevan dengan program Kecamatan yaitu Desa Ramah Anak yang menempatkan anak pada arus utama dalam pembangunan desa. Materi selanjutnya yaitu Teknik Komunikasi Efektif oleh Dr. Sintar Nababan, M.Si, Psikologi Komunikasi oleh Dra. Widhihatmini, MA dan Public Speaking oleh Irawan, S.Sos, MA yang menekankan pada pentingnya keterampilan berkomunikasi secara lisan; baik komunikasi interpersonal maupun komunikasi publik. Keterampilan ini diperlukan untuk menunjnag tugas keseharian perangkat desa dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Materi selanjutnya adalah Teknik Presentasi Efektif dengan Power Point oleh Yolanda Presiana Desi, S.IP, MA dan Desain Presentasi Multimedia oleh Drs. Bambang Sujarwadi, M.Pd yang mengasah keterampilan perangkat desa dalam melakukan komunikasi bermedia; bagaimana menuangkan ide atau informasi ke dalam slide presentasi secara sistematis dengan tampilan desain yang menarik. Pelatihan ini juga diperkaya dengan materi Sistem Informasi Desa untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di bidang administrasi.

 

Peserta pelatihan terlihat sangat antusias dan merasakan manfaat dari pelatihan ini. Dalam Sambutan penutupannya, Sekretaris Camat Srumbung, Drs. Moch. A. Chusen berharap kegiatan pengabdian kepada masyarakat Program Studi MIK Sekolah Tinggi Multi Media ini dapat terus berkesinambungan tidak hanya melalui para dosennya tetapi juga dengan menerjunkan mahasiswa melalui Kuliah Kerja Nyata di Kecamatan tersebut. (Yolanda)


https://youtu.be/40wN4H-D37Q