Tingkatkan Keterampilan Bidang Pemrograman, 1817 Guru TIK ikuti  Pelatihan Coding Teacher Academy 2019

Pembukaan CTA-DTS Batch 2 di STMM Yogyakarta. (Foto: Anang)

 

Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Cisco System Inc. berupaya meningkatkan keterampilan mengajar para Guru TIK setingkat SMA/SMK/MA melalui program Coding Teacher Academy (CTA). Program Coding Teacher Academy (CTA) merupakan bagian dari Program Digital Talent Scholarship Tahun 2019 (DTS 2019) Kementerian Kominfo.

 

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika, Dr. Ir. Basuki Yusuf Iskandar, MM menyampaikan “Program Coding Teacher Academy (CTA) Tahun 2019 memberikan kesempatan bagi 2000 guru TIK SMK, SMA, SMALB atau Madrasah Aliyah Tahun ini khususnya di Wilayah Jawa dan Madura untuk meningkatkan keahlian dan keterampilan di bidang pemrograman”, hal tersebut disampaikan dalam acara pembukaan CTA Batch II di Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, di Cikarang, Bekasi Jawa Barat. (8/7/2019).

 

“Program Coding Teacher Academy bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai pemrograman berbasis Python kepada guru-guru TIK, dan usai pelatihan ini setiap guru wajib meneruskan ilmu pengetahuan yang diperoleh kepada siswa di sekolah masing-masing”, tambah Basuki.

 

Basuki mengatakan, “langkah ini merupakan upaya pemerintah melalui Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo untuk mempersiapkan dengan baik bagi anak-anak didik lulusan SMK, SMA, SMALB atau Madrasah Aliyah sehingga menjadi tenaga terampil yang memiliki talenta digital dan dapat memberi kontribusi positif serta menjadi inspirasi pendongkrak pertumbuhan ekonomi digital pada era revolusi indutri 4,0 sehingga mampu membawa Indonesia bersaing dengan negara lain”.


 


 Pelatihan CTA Batch 2 di Kelas, STMM Yogyakarta. (Foto: Anang)

 

Program Coding Teacher Academy dilaksanakan dalam 3 Batch yaitu Batch I dilaksanakan pada tanggal 1-5 Juli 2019, sementara Batch 8- 12 Juli 2019, dan Batch 3 tanggal 15-19 Juli 2019. Program Pelatihan ini dilaksanakan secara serempak di 6 lokasi yaitu Pusat TIK Nasional, Ciputat, Tangerang Selatan (Pustiknas Kominfo), Balai Pelatihan dan Pengembangan TIK, Cikarang, Bekasi (BPPTIK Kominfo), Pusat Pendidikan dan Pelatihan, Jakarta Barat (Pusdiklat Kominfo), Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta, Wisma MM Universitas Gadjah Mada, dan University Club Yogyakarta. Jumlah peserta Program Coding Teacher Academy tahun 2019 sebanyak 1.817 orang. Pelatihan dilaksanakan selama 70 jam pelajaran yang meliputi kegiatan pelatihan online dan offline.

 

Sebelumnya Pelatihan Coding Teacher Academy Batch I telah dilaksanakan secara serempak  di 5 lokasi dan dibuka oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika, Dr. Ir. Basuki Yusuf Iskandar, MM dan disiarkan secara streaming melalui Chanel Youtube KemkominfoTV. (Ayu.dy)