-Pameran Folkastic FOM STMM  Eksplorasi Folk Photography dalam Keindahan Indonesia

STMM/dok FOM

PAMERAN FOLKASTIC : Suasana pameran Folkastic oleh UKM FOM STMM Yogyakarta di Sleman Creative Space, 14-14 Juli 2019 

--Pameran Folkastic FOM STMM

Eksplorasi Folk Photography dalam Keindahan Indonesia

 

UNIT Kegiatan Mahasiswa (UKM) Fotografi MMTC (FOM) Sekolah Tinggi Multi Media (STMM) Yogyakarta menggelar pameran bertajuk “Folkastic” di Sleman Creative Space, 12-14 Juli. Pameran ini selain sebagai agenda rutin FOM juga menjadi rangkaian kegiatan Dies Natalies ke-34 STMM.  

Tajuk pameran “Folkastic” merupakan akronim dari kata folk (photography) dan fantastic. Pameran ini mengeksplorasi gaya folk photography yang belakangan menjadi trendsetter di Indonesia.

                Puluhan karya dari mahasiswa yang rata-rata berasal dari semester 2 sampai 4 ini patut diapresiasi terkait perkembangan aliran-aliran baru dalam fotografi. Folk photography secara umum dipahami sebagai karya-karya yang menggambarkan interaksi manusia dengan alam. Hampir mirip dengan fotografi landscape yang mengetengahkan objek-objek alam. Hanya saja, yang menjadi perbedaan dalam folk photography adalah adanya interaksi manusia di dalamnya.

                Para pameris FOM mencoba menyajika foto-foto dari berbagai wilayah di Indonesia, mulai kawasan hutan pinus, air terjun dan gunung, di sekitar DIY dan Jawa Tengah. Foto-foto ini merekam realitas manusia secara alamiah dengan alam, maupun menggunakan model. Seperti terlihat pada karya-karya Reihan dan Dita. Beberapa karya juga mengarah ke konseptual seperti serial foto yang disajikan Nanda Galih. Nanda mengkritisi penggunaan plastik dengan menyajikan perempuan perempuan yang dengan kepala terbungkus plastik di tempat pembuangan sampah.  

                Pembantu Ketua III, Dra Nunuk Parwati MM, yang datang pada acara pembukaan mengungkapkan apresiasinya. Namun ia juga berpesan bahwa FOM juga harus lebih aktif mengikuti berbagai kompetisi. “Karya-karyanya sangat bagus, dan terima kasih kalian mau berpameran di tempat yang bagus ini. Tapi jangan lupa untuk ikut berkompetisi. Saya berharap teman teman FOM bisa berkiprah secara nasional bahkan internasional,” ungkapnya.

                Rangkaian pameran “Folkastic” juga dimeriahkan dengan penampilan berbagai UKM di STMM, serta workshop fotografi. (Sony Way)