“MAKMUM” FILM PENDEK KARYA RIZA PAHLEVI ALUMNI STMM “MMTC”  DIANGKAT KE LAYAR LEBAR

Jakarta – “Makmum” film pendek bergenre horor yang digarap oleh Riza Pahlevi, Vidya Talisa Ariestya dan Herdhian Fanditya pada saat masih aktif kuliah di kampus STMM “MMTC” akhirnya diadaptasi ke versi layar lebar.

Film pendek yang pernah mendapatkan banyak penghargaan tingkat nasional bahkan internasional ini, menarik perhatian  Produser film Dheeraj Kalwani karena popularitasnya di kanal Youtube. Meskipun awalnya Riza Pahlevi dan Vidya agak ragu dengan tawaran Dheeraj Kalwani, tetapi setelah beberapa kali pertemuan akhirnya tercapai kesepakatan untuk mengangkat film yang sebelumnya berdurasi sekitar 7 menit menjadi 91 menit di versi layar lebar.

 

Dalam produksi film “Makmum” versi layar lebar yang disutradarai Hadrah Daeng Ratu ini, tetap melibatkan Riza Pahlevi, Vidya Talisha dan penulis skenario profesional Alim Sudio sebagai penulis skenario. Riza Pahlevi tetap berusaha untuk tetap memasukkan roh “Makmum” versi film pendeknya. Meskipun banyak aspek yang harus disesuaikan dalam pengembangan naskahnya sesuai dengan durasi film layar lebar.

 

Film tersebut berkisah tentang pengalaman penghuni asrama yang tidak bisa beribadah dengan khusyuk saat sedang salat, ketika mendengar suara makmum  yang mengikuti di belakang mereka ketika sedang takbir . Oleh para penghuni asrama, sosok tersebut disebut "makmum."  Film tersebut juga menghadirkan Titi Kamal, Jajang C. Noor  dan Ali Syakieb sebagai pemerannya.

Makmum akan mulai rilis pada 15 Agustus 2019, mendatang.


Riza Pahlevi juga berharap film “Makmum” akan memberi kontribusi positif bagi dunia perfilm-an Indonesia. Selain itu, alumni STMM “MMTC” yang mempunyai banyak prestasi dibidang film indie ini tersebut juga berharap, kesempatan ini akan membuka kesempatan untuk belajar dan menjadi lebih profesional berkarir dibidang sinematografi. (L.Ag-2019)



Riza Pahlevi (no 3 dari kiri) dan Vidya (no 2 dari kanan) diantara Producer, Sutradara. Penulis naskah  

dan Pemeran Film “Makmum”