Pengabdian Kepada Masyarakat :  Prodi Manajemen Produksi Pemberitaan (Manarita) STMM Berikan   Workshop Citizen Journalism di Kec.  Tengaran, Salatiga


 

Sivitas Akademika Prodi Manajemen Produksi Pemberitaan (Manarita), Jurusan Penyiran STMM berada di Kecamatan Tengaran, Salatiga mulai 11 s.d 14 November 2019 dalam rangka kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) . Kegiatan ini merupakan implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Dalam kegiatan PKM kali ini, Prodi Manarita memberikan workshop  Jurnalisme Warga (Citizen Journalism) bagi para guru Madrasah Ibtidaiyah dan guru-guru Roudhatul Athfal dan kegiatan ini dipandu oleh Kelompok B  yang terdiri dari para dosen dan mahasiswa.

Materi yang diberikan adalah dasar pengetahuan tentang Jurnalistik sebagai bekal bagi warga masyarakat yang tertarik menekuni profesi sebagai wartawan atau Jurnalisme Warga. Hal ini penting untuk difahami, karena mereka tetap harus profesional dalam menyampaikan informasi ataupun melaporkan peristiwa dengan prosedur pengecekan akan kebenaran/fakta dan tetap menggunakan kaidah 5 W 1 H.

Peserta juga mendapatkan pengetahuan tentang Undang-Undang ITE sehingga memahami bagaimana hukum dan pelanggran dalam mengambil, berbagi gambar dan informasi dengan menggunakan sumber-sumber yang resmi dengan memperhatikan Pasal 26 ; 27, 28 dan Pasal 34 UU ITE, tentang pelanggaran dan sangsi dalam penyebaran berita bohong, asusila, pencemaran nama baik dan penggunaan karya tanpa ijin.

Selain itu, peserta juga mendapatkan metri tentang penulisan naskah berita yang mengacu pada fakta yang benar dengan menghindari kesalahan tulisan karena hal tersebut dapat merubah makna.
Pemilihan judul berita juga harus dibuat menarik tetapi tidak boleh membohongi masyarakat. Jadi antara judul dan isi berita harus sesuai.
Materi tentang Fotografi, juga menjadi salah satu materi yang menarik karena peserta juga dapat melakukan praktek bagimana menghasilkan visual yang menarik dan sarat pesan.

Ketua Yayasan Pendidikan Islam Amanat Umat, Nur Hadi Susilo menyampaikan bahwa workshop Citizen Journalism oleh paraa dosen STMM memberikan pengetahuan baru, bagaimana menjadi “wartawan warga” dalam era teknologi informasi dewasa ini.  Pengetahuan yang diperoleh para guru nantinya juga akan ditularkan bagi siswa-siswinya disekolah masing-masing. Dan kegiatan ini “goal”-nya adalah mengajak para peserta untuk melakukan perencanan liputan sampai dengan mengunggah beritanya pada media online. (Nk. Parwati/L.Ag)