DIREKTORAT JENDERAL KEKAYAAN INTELEKTUAL KEMENKUMHAM DAN JICA  GELAR LOMBA SKRIP FILM PENDEK

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM bekerja sama dengan Japan International Cooperation Agency (JICA) menyelenggarakan Lomba Skrip Film Pendek untuk Memberantas Barang Tiruan dan Bajakan “Mencari Kreator Asli”. Informasi ini disampaikan oleh Sugiyama Takuya selaku Tenaga Ahli JICA dan Ito Yuko selaku Koordinator JICA Project di Kementerian Hukum dan HAM pada kunjungannya ke Sekolah Tinggi Multi Media pada hari Rabu tanggal 13 November 2019. Disampaikan juga bahwa tujuan dari diselenggarakannya lomba ini untuk menyeleksi karya yang nantinya bisa memberikan informasi dan edukasi kepada konsumen akan bahaya barang tiruan dari segi kesehatan dan keamanan, selain itu juga untuk mendorong pemahaman dan kesadaran konsumen agar membeli barang asli/original yang lebih terjamin kualitasnya. 

Tenggat waktu pengumpulan skrip film pendek berakhir pada tanggal 17 Desember 2019. Nantinya akan ada 5 peserta dengan karya terbaik akan diundang ke Jakarta untuk mempresentasikan hasil karyanya, dan dari presentasi itu akan dipilih satu karya terbaik sebagai pemenang utama dan berhak mendapatkan kontrak pembuatan film pendek senilai 50 juta rupiah. 

Lomba penulisan skrip film pendek ini bisa diikuti oleh WNI yang berusia 17 tahun ke atas. Lomba ini bisa diikuti oleh individu maupun kelompok. Karya yang diikutsertakan dalam lomba merupakan karya asli dari peserta dan belum pernah diikutkan lomba lain. Karya yang diajukan merupakan karya yang bersifat orisinal dan tidak melanggar hak cipta ataupun hak kekayaan intelektual (HKI).  Isi karya menyampaikan permasalahan kualitas kesehatan atau keamanan barang tiruan dan bajakan serta menekankan keunggulan barang asli/original. 

Informasi lebih lanjut dan formulir bisa diunduh di www.dgip.go.id, kemudian karya skrip film pendek dikirim ke lombascript.fp@dgip.go.id. Skrip yang diikutkan lomba menjadi milik penyelenggara dan tidak akan dikembalikan pada peserta.