Tren Live Instagram Untuk Berbagi Ilmu Pada Masa Pandemi Covid 19


Yogyakarta (28/4).  Live Instagram sebagai medium berbagi ilmu menjadi tren yang banyak digemari pada masa pandemi covid 19. Tak luput bagi dosen Sekolah Tinggi Multi Media. 

Kebijakan bekerja dari rumah (Work From Home) tidak mengurangi produktivitas dosen-dosen Sekolah Tinggi Multi Media (STMM) untuk berbagi ilmu. Berbagi ilmu dilakukan secara daring (dalam jaringan) sebagai wujud Pengabdian kepada Masyarakat. 

Salah satunya Dosen Program Studi Manajemen Produksi Berita, Diyah Ayu yang diundang oleh SMK Budi luhur Kota Tangerang untuk berbagi ilmu sebagai pembicara dalam acara Talkshow Ngobrol Santai Live Instagram bersama Praktisi dengan tema “Tetap Produktif #dirumahaja” pada Kamis (23/4). 

Acara Talkshow Ngobrol Santai Live Instagram di @smkbudiluhur dipandu oleh Netika, salah satu guru SMK Budi Luhur dan diikuti oleh siswa-siswi SMK budi Luhur dari rumah masing-masing.

“Ngobrol santai Live Instagram merupakan program SMK Budi Luhur Tangerang untuk mengajak siswanya mengikuti kelas online bersama para nara sumber. Program ini dilakukan untuk memberikan inspirasi agar tetap produktif #dirumahaja  selama masa pandemi covid 19”, tutur Ayu. 

“Saya mendapat kesempatan menjadi narasumber pertama pada acara tersebut. Topik yang dibahas pada sesi Saya adalah Tetap Produktif #dirumahaja, Isi Media Sosial dengan Konten Positif. Saya berharap agar siswa-siswi SMK Budi Luhur di rumah tetap produktif berkarya, mengisi media sosial dengan konten-konten positif”, tambahnya
 
Antusias siswa untuk mengikuti talkshow live instagram cukup tinggi, termasuk ketertarikan terhadap topik pembahasan. Pasca acara tersebut, diharapkan siswa terpacu untuk tetap produktif #dirumahaja dengan mengaplikasikan materi dan ilmu yang telah diperoleh dengan menghasilkan karya konten positif di media sosial.

Hasil kelas online ini ditunjukkan oleh Vincent Jiu dengan akun @vin_pq yang membuat karya konten prositif dan diunggah di media sosial instagram dengan judul “Ngabuburit di Rumah Aja”.
 
@vin_pq. Dok: Ayu.Dy
Kreativitas juga ditunjukkan oleh siswa dengan akun @vevangelina yang mengunggah kegiatan dirumah. Salah satunya kegiatan positif menggambar, hal produktif yang dapat dilakukan dirumah selama pandemi covid 19. 
 
@vevangelina. Dok: Ayu.Dy

Begitu pula dengan siswa dengan akun @jivanto46 yang membuat karya berjudul “pray for earth” 
 
@jivanto46. Dok: Ayu.Dy
Ayu berharap usai kelas online maka siswa-siswi dapat secara kontinu membuat konten positif di media sosial dan menyebarkan konten positif kepada netizen secara luas. 

Program yang dilaksanakan setiap hari tersebut juga mengundang sejumlah pembicara diantaranya Nan T Achnas (sutradara film pasir berbisik), Rangga Yudo Yuwono (Founder/CEO/ Director PT. Wangsa Ultima Kreasi-Mithologic Studio), Arda Muhlisiun (Wakil Dekan Bidang Akademik FFT IKJ) Ricky Widyananda Putra (Dosen DKV dan Pembina Komunitas Game Development Universitas Budi Luhur dan masih banyak pembicara lain. (Eni/Ayu.Dy)