Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen Manajemen Produksi Berita STMM Yogyakarta dilaksanakan secara  Daring


PKM Daring Prodi Manarita Periode 1 (16/5). (foto:dok prodi)

Selasa(18/5)
Yogyakarta. Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan keinginan Sekolah Tinggi Multi Media untuk berbagi ilmu dan pengalaman. Seperti yang dilakukan oleh dosen-dosen Program Studi Manajemen Produksi Berita melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM). 

Ketua Program Studi Manajemen Produksi Berita (manarita), Drs. Basirun, M.Pd. menyampaikan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan kerjasama antara Prodi Manajemen Produksi Berita STMM dengan Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Kabupaten Sleman. PkM dilakukan dalam bentuk pelatihan daring menulis berita untuk media online dengan tema “Menjaga Kebersihan Lingkungan di Tengah Pandemi Covid-19”

Basirun mengatakan “Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang menjadi kewajiban para dosen harus tetap dilaksanakan meskipun secara daring dari rumah dan peserta juga belajar dari rumah”. 

“Diharapkan para peserta nantinya dapat mempraktekkan jurnalisme warga dan mampu berkarya meliput serta menulis berita tentang apa yang ada disekitar rumah peserta”, tambah Basirun.

 
PKM Daring Prodi Manarita Periode 2 (17/5). Foto: dok.prodi

Pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan dalam dua periode, yaitu periode 1 pada hari Sabtu (16/5)  dan periode 2 pada hari Minggu (17/5). Sasaran peserta pelatihan mencakup para siswa Sekolah Mengah Atas atau sederajad dari Yogyakarta dan Semarang Jawa tengah. 

Dalam pelatihan ini peserta mendapatkan pembelajaran tentang jurnalistik online, cara menulis brita, etika jurnalistik, undang-undang ITE dan foto jurnalistik. Selain materi tersebut, peserta juga dipandu untuk langsung mempraktekkan materi dengan membuat berita untuk media online, yaitu berita website dan berita media sosial instagram. 

Karya peserta berita online diunggah di media instagram dan dievaluasi oleh pemateri. Foto:dok prodi

Pelatihan selama satu hari dalam tiap periodenya diisi dengan praktik menulis berita yang dibagi dalam beberapa kelompok. Dalam praktek menulis berita dan menampilkan foto berita, peserta diharuskan memperhatikan kaidah  jurnaslitik, dan undang-undang ITE. 
 
Karya peserta menulis berita di media online dievaluasi oleh pemateri. Foto:dok prodi

Pemateri dalam PkM adalah dosen-dosen prodi Manarita. Pemateri kelompok I adalah Dra Nunuk Parwati MM, Siti Sarifah S.PT., M.IKom, Sinto Dwirawati S.Sos. M.A, dan Drs. Darjito Chadori M.A. serta mahasiswa di prodi Manarita Ara dan Devi. Sedangkan Kelompok 2 yaitu Dr. Sudono M.A, Dra. Siti Asiatun, MM, Dra Korina Dwi Relawati dan Diyah Ayu K, M.A, serta mahasiswa Aisyah Balqis dan Rosha Syahrudin. (Nunuk/ed:Ayu.Dy)