Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen Manajemen Teknik Studio Produksi STMM Yogyakarta dilaksanakan dengan Format Webinar.



Berkenaan dengan semakin merebaknya penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), menyebabkan banyak dampak terhadap aktifitas masyarakat. Sehingga, Presiden Republilk Indonesia memberikan arahan kepada masyarakat untuk membatasi kegiatan di luar rumah dan bekerja serta belajar di rumah. Hal ini, merubah konsep kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Program Studi Manajemen Teknik Studio Produksi STMM Yogyakarta menjadi Daring, sebagaimana arahan dari Ketua STMM Ir. Noor Iza, M.Sc yang merekomendasikan kegiatan tersebut dalam bentuk Webinar.
Ketua Program Studi Manajemen Teknik Studio Produksi (Matekstosi), Sunarsa, S.PT, M.Sn. menyampaikan bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan yang dilakukan secara online dengan tema “Webinar Konsep Produksi Audio Visual Untuk Pembelajaran Secara Online Pada Masa Pandemic Covid-19”, dimana target peserta merupakan masyarakat umum dari berbagai kalangan,  baik akademisi, aparat pemerintah hingga pelaku bisnis. 
Sunarsa mengatakan, “dengan kegiatan PKM secara Daring, mampu memberikan pengetahuan masyarakat mengenai produksi konten audio visual dalam membantu pekerjaan dan aktivitasnya.”
“Tentunya pengetahuan konsep audio visual yang disampaikan pada Webinar ini tidak hanya bermanfaat ketika masa pandemic saja, namun juga dapat dilakukan dimasa yang akan datang” , tambahnya
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan dalam 4 hari, yaitu senin 11 Mei 2020 Hingga Kamis 14 Mei 2020. Dalam 1  hari pelaksanaannya dibagi dalam 2 sesi materi yang berbeda, dengan durasi pemaparan materi selama 1.5 hingga 2 jam. 
Pemateri dan pelaksana dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan dosen Jurusan Penyiaran Prodi Manajemen Teknik Studio Produksi (Matekstosi) . Adapun materi yang disampaikan kepada peserta adalah konsep produksi audio visual antara lain : Pengantar Produksi Audio Visual, Teknik Pengoperasian Kamera Video, Teknik Audio, Teknik Pencahayaan (Tata Cahaya), Continuity Gambar dan pengenalan tentang Open Broadcaster System, Learning Management System dan Reference Management ”Mendeley”.
Sedangkan, Aplikasi yang digunakan untuk melaksanakan  PKM Webinar Konsep Produksi Audio Visual  Untuk Pembelajaran Secara Online Pada Masa Pandemic Covid-19 adalah aplikasi TeamLink. 
Pelaksanaan PKM berjalan dengan lancar dimana, 56 orang mendaftar sebagai peserta dari berbagai kalangan baik akademisi, pemerintahaan hingga pelaku bisnis. namun yang secara aktif mengikuti kegiatan PKM dari hari pertama sampai terakhir berkisar 33 sampai  43 orang. (Ade)