Devi Rahma, Mahasiswa Prodi Manarita Sabet Juara 2 Kompetisi Reportase Daring Fivesionary 2020


Devi Rahma dalam Reporatse Daring. (Dok. Devi Rahma)

Jakarta (17/7)- Devi Rahma Syafira, mahasiswi semester 6 program studi Manajemen Produksi Berita Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta meraih prestasi non akademik sebagai  Juara 2 Kompetisi Reportase Daring Fivesonary 2020, Sabtu (17/7). Dalam lomba tersebut Devi Rahma memilih sub tema sosial dengan judul Kondisi Sosial Masyarakat pada New Normal di Tengah Pandemi Covid 19.

“Saya melakukan reportase dari rumah dengan riset data yang diambil dari berita televisi maupun berita online. Untuk visualnya, saya merekam video dan foto  dengan menggunakan smartphone kemudian saya edit sendiri sesuai dengan naskah berita”, papar Devi.


Kreativitas dalam penyajian berita. (Dok. Devi Rahma)

Kompetisi reportase daring Fivesonary 2020 digelar sebagai rangkaian memperingati hari jadi yang ke-15, FIVE TV Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta. Acara tersebut mengusung tema “Menilik Peluang dari Reportase di Abad 21". Kompetisi reporase daring dilaksanakan di tengah pandemi covid 19  pada 16-18 Juli 2020. Kompetisi nasional ini diikuti oleh 30 peserta dari seluruh Indonesia. Untuk posisi Juara 1 diraih oleh Christifani Celine Christeg (Universitas Binus Malang), dan Juara 3 diraih oleh Lolita Aurensia Franelsa (Universitas Brawijaya Malang).

Salah seorang juri yang merupakan jurnalis dan presenter Metro TV, Marvin Sulisto memberi motivasi bagi para peserta “ sebagai calon jurnalis TV dituntut terus berlatih dan jangan menyerah”. 
“Pengalaman dalam kompetisi ini bisa menjadi portofolio dan pengalaman berharga mana kala para mahasiswa melamar pekerjaan”, tambahnya.

Pada Kompetisi Daring Fivesionary 2020,  penilaian tidak hanya didasarkan penampilan dan cara membawakan berita, namun kreativitas peserta menjadi poin penting  penilaian. Kompetisi ini diharapkan memberi pengalaman bahwa di tengah pandemi covid 19 mahasiswa tetap dapat produktif untuk berkarya dan berprestasi.  ( Nunuk Parwati/Devi. Editor: Ayudy)