PKKMB STMM 2020 : KETUA STMM DORONG MAHASISWA BARU UNTUK SEJAK DINI MEMPERKAYA KEMAMPUAN DI BERBAGAI BIDANG DAN KUATKAN SOFT SKILL




PEMBUKAAN PKKMB STMM 2020 :

KETUA STMM DORONG MAHASISWA BARU UNTUK SEJAK DINI MEMPERKAYA KEMAMPUAN DI BERBAGAI BIDANG DAN KUATKAN SOFT SKILL

 

Yogyakarta - Program pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru (PKKMB) adalah kegiatan yang menjadi wahana bagi Perguruan Tinggi untuk memberikan pemahaman dan arahan tentang kehidupan akademik sebagai mahasiswa.  Kegiatan yang biasanya dapat dilakukan secara langsung dengan kehadiran para mahasiswa baru, tahun ini harus dilaksanakan secara daring karena Pandemi Covid-19.

Tema kegiatan yang diusung dalam PKKMB 2020 adalah Berkreasi, Berkarya Untuk Songsong Masa Depan Digital dan dilaksanakan mulai tanggal 1 sd 4 September 2020.

 

Kegiatan ini telah dibuka secara resmi oleh Ketua STMM, Ir. Noor Iza, M.Sc. (1/9-2020). Dalam pidato pembukaan yang disampaikan secara daring Ketua STMM, menyampaikan sambutan hangat seraya memberikan apresiasi kepada 454 orang mahasiswa baru yang hadir didepan layar monitor perangkat komputer masing-masing. Para peserta diharapkan tetap semangat dan antusias mengikuti kegiatan, meskipun belum berkesempatan untuk bertemu secara langsung. Mahasiswa baru STMM juga harus siap dan mampu bersaing di pasar kerja nantinya. “SDM unggulan saat ini diharapkan memiliki kemampuan yang mumpuni disegala bidang, penguasaan skill tidak cukup hanya satu bidang saja, tetapi sebaiknya multiple skill, dan sejak saat ini anda harus menguatkan soft skills seperti memperkaya jejaring, memiliki etika akademis dan berperilaku santun,” demikian disampaikan Ir. Noor Iza, M.Sc.

 

Motivasi yang disampaikan dalam sambutan Ketua STMM tersebut juga sejalan dengan agenda kegiatan yang disiapkan bagi mahasiswa baru, dengan menghadirkan para narasumber yang berkompeten. Hal ini bertujuan agar mahasiswa baru memiliki kapasitas pengetahuan yang "kekinian", tetapi juga memberikan modal dasar untuk membentuk karakter yang berintegritas, tangguh dan mampu menghasilkan karya -karya yang inspiratif.




 Elmi Puji Astuti - BNNP DIY dalam paparannya tentang ancaman narkoba.


Pada hari pertama PKKMB, STMM juga menghadirkan narasumber dari Badan Nasional Narkotika Provinsi DIY, ibu Elmi Puji Astuti. Dalam sesi ini para mahasiswa baru STMM dikenalkan tentang  bahaya narkoba. Elmi juga mengajak Mahasiswa untuk secara masif melawan dan menanggulangi ancaman narkoba dengan komitmen  menjaga diri dan lingkungannya dari pengaruh narkoba. 


 


Rommy Iman Sulaiman Narasumber dari KPK.


Rommy Iman Sulaiman, narasumber dari KPK juga hadir di hari pertama PKKMB. Dalam paparannya, Rommy menyampaikan bahwa korupsi tidak hanya dimaknai sebagai tindakan mengambil uang negara atau berhubungan dengan materi saja. Tetapi bisa terjadi bentuk perilaku korupsi lain, seperti bolos kuliah, datang terlambat, surat sakti dan ini masih banyak terjadi dikalangan masyarakat. Karenanya, sebagai generasi muda sudah seharusnya menghindari tindak korupsi ataupun perilaku korupsi. Dan semua itu harus dilandasi nilai-nilai integritas yang harus ditanamkan dalam diri kita, yakni, jujur, peduli, adil, mandiri , disiplin, tanggung jawab, kerja keras, berani dan sederhana. (L.Ag./9-2020)