Pembantu Ketua II STMM Yogyakarta dalam Webinar Manajemen Penyiaran Radio: Mengelola Radio Komunitas secara Profesional

Dalam rangka pelaksanaan kegiatan fasilitasi peningkatan kapasitas SDM dan pemberdayaan lembaga penyiaran komunitas radio, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyelenggarakan webinar dengan tema di atas pada Hari Selasa tanggal 8 September 2020 yang lalu. Pembantu Ketua II STMM Yogyakarta – Dra. Nunuk Parwati, MM. – turut menjadi salah satu narasumber dalam webinar ini. Selain beliau, terdapat 4 narasumber lain dalam webinar ini yaitu Geryantika Kurnia (Direktur Penyiaran Kominfo), Sinam M. Sutarno (Ketua Jaringan Radio Komunitas Indonesia), Renny Silfianingrum (Koordinator Layanan Radio), dan Dr. Rer. Soc. Masduki (Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Islam Indonesia).

Dalam webinar ini, Dra. Nunuk Parwati, MM. menyampaikan materi tentang Manajemen Radio Komunitas. Beliau memulai paparannya dengan mengemukakan bahwa keberhasilan media penyiaran sejatinya ditopang oleh kreativitas manusia yang bekerja pada tiga pilar utama yaitu teknik, program, dan pemasaran. Peter Pringle dalam Morissan menyebutkan dua tantangan dalam mengelola media penyiaran, yakni harus dapat memenuhi harapan pemilik agar usahanya sehat dan mampu menghasilkan keuntungan serta mampu memenuhi kepentingan masyarakat – dimana media berada. 

Saat ini media penyiaran juga menghadapi tantangan yang lain: persaingan yang berasal dari berbagai media penyiaran yang ada, ditambah munculnya media baru di era digital seperti radio visual, radio online, podcast, atau file audio yang diunggah di internet dan bisa diunduh oleh masyarakat. Menghadapi hal ini, fungsi manajemen harus lebih ditingkatkan lagi. Dalam hal perencanaan, radio komunitas harus semakin kreatif dan sistematis dalam mempersiapkan rencana dan strategi untuk mencapai tujuan yang sesuai dengan visi dan misi yang telah ditetapkan. Apa yang harus dilakukan, kapan, bagaimana. dan siapa yang melakukannya. 

Dari aspek pengorganisasian, Dra. Nunuk Parwati, MM. menyampaikan bahwa penyusunan struktur organisasi harus sesuai dengan tujuan dan sumber daya manusia yang dimiliki dan lingkungan yang melingkupinya.  Dalam menyusun struktur bisa dibuat model departementalisasi dan pembagian kerja. Struktur organisasi stasiun penyiaran pada umumnya tidak memiliki standar yang baku. Struktur organisasi radio biasanya sederhana. Pada Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 2005Bagian Kesepuluh Susunan Pengurus dan Organisasi  Lembaga Penyiaran Komunitas Pasal 30 tercantum bahwa susunan  Pengurus  Lembaga  Penyiaran  Komunitas  terdiri atas   unsur   pemimpin   utama   yang   dibantu   oleh   unsur penanggung  jawab  bidang  umum,  bidang  siaran,  dan  bidang teknik. Lembaga Penyiaran  Komunitas  dapat  membentuk  organ yang mempunyai tugas membina dan mengawasi penyelenggaraan Lembaga Penyiaran Komunitas sesuai dengan kebutuhan.

Dalam manajemen terdapat fungsi yang mengarahkan dan memberikan pengaruh atau memengaruhi sebagai upaya untuk merangsang antusiasme karyawan untuk melaksanakan tanggung jawab mereka secara efektif. Kegiatannya meliputi pemberian motivasi, komunikasi, kepemimpinan, dan pelatihan. Jiwa kepemimpinan harus dimiliki seseorang untuk memengaruhi orang lain agar mau bekerja bersama dalam mencapai tujuan dan sasaran. Seorang pemimpin harus memiliki kharisma, berpandangan ke depan, dan keyakinan diri.

Dra. Nunuk Parwati, MM. menutup paparannya dengan menyebutkan bahwa manajemen membutuhkan pengawasan yang mencakup penetapan standar, pengukuran kegiatan, dan pengambilan tindakan korektif. Pengawasan harus dilakukan berdasarkan hasil kerja atau kinerja yang dapat diukur. Undang-Undang Penyiaran Pasal 24 mengatur bahwa Lembaga Penyiaran Komunitas wajib membuat kode etik dan tata tertib untuk diketahui oleh komunitas dan masyarakat lainnya. Ketika terjadi pengaduan dari komunitas atau masyarakat lain terhadap pelanggaran kode etik dan/atau tata tertib, Lembaga Penyiaran Komunitas wajib melakukan tindakan sesuai dengan pedoman dan ketentuan yang berlaku. (en)

Referensi:

Parwati, N. (8 September 2020). Manajemen Radio Komunitas (Materi Webinar).