Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta Gelar Wisuda 2020 Secara Daring

 

 Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta Gelar Wisuda 2020 Secara Daring

 

Di tengah pandemi Covid-19, Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta tetap menyelenggarakan wisuda untuk 268 lulusannya. Wisuda terselenggara secara daring pada Rabu, 21 Oktober 2020 di Auditorium kampus STMM, Jalan Magelang km. 6 Yogyakarta.

Dalam acara tersebut, Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny G. Plate  juga hadir secara daring dengan memberikan orasi ilmiah dari kantor Kementerian Kominfo, Jakarta.  Apresiasi disampaikan Menkominfo dengan digelarnya wisuda secara daring  tersebut, karena STMM telah aktif turut serta memutus mata rantai penularan Covid-19. “Ini menunjukkan bahwa STMM Yogyakarta melakukan langkah-langkah adaptif, langkah-langkah agility menyesuaikan kekinian situasi kita dalam usaha bersama mengatasi Covid-19, khususnya epideminya di dalam negeri dan menjadi bagian kita di dalam ikut serta memutus rantai Covid-19 pandemi ini secara global,” ucapnya.

Orasi Ilmiah Menkominfo dalam acara wisuda STMM mengusung tema “Membangun SDM Digital Indonesia Menuju Percepatan Transformasi Digital Nasional”. Menkominfo memberikan dorongan kepada lulusan STMM agar bersedia menunjukan komitmen yang tinggi untuk selalu mencari, mempelajari hal baru dan adaptif dengan perkembangan zamannya, demikian harapannya. Menteri Johnny G. Plate juga memberikan arahan kepada STMM untuk membentuk SDM digital yang handal dan memiliki daya saing. Pembentukan SDM yang handal dapat dilakukan dengan  pembaruan  program-program studi, diversifikasi keahlian tenaga pengajar yang lebih up to date, dan digitalisasi proses serta layanan pembelajaran.



268 lulusan yang diwisuda tahun 2020  ini, berasal dari tiga jurusan yakni Jurusan Penyiaran, Jurusan Animasi dan Teknologi Permainan, serta Jurusan Komunikasi Informasi Publik (KIP).  Dari keseluruhan wisudawan 73 orang  meraih predikat cumlaude.

·      Jurusan Komunikasi Informasi Publik (KIP) Program Strata Satu (S-1) Prodi Manajemen Informasi dan Komunikasi (MIK) meluluskan 22 orang.

·    Jurusan Penyiaran, Program Diploma IV (D-IV) yang terdiri dari tiga Program Studi (Prodi) yaitu Prodi Manajemen Produksi Siaran (Manaprodsi), Prodi Manajemen Produksi Berita (Manarita), dan Prodi Manajemen Teknik Studio Produksi (Matekstosi).  Prodi Manaprodsi meluluskan 79 orang, Prodi Manarita meluluskan 65 orang, sedangkan Prodi Matekstosi meluluskan 79 orang.

·     Jurusan Animasi dan Teknologi Permainan dengan Program Diploma IV (D-IV) terdiri dari dua Prodi yakni Prodi Animasi dan Prodi Teknologi Permainan. Prodi Animasi meluluskan 17 orang, sedangkan Prodi Teknologi Permainan meluluskan 6 orang.

Ketua Sekolah Tinggi Multi  Media, Ir. Noor Iza, M.Sc. dalam laporannya juga menyampaikan rasa bangganya, karena para lulusan STMM cukup banyak yang telah bekerja, baik di bidang industri kreatif seperti production house (PH),  media penyiaran, e-commerce, goverment public relations maupun corporate public relations dan beberapa diantaranya lebih memilih menjadi wirausahawan.



Meskipun dengan suasana yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, wisuda yang diselenggarakan secara daring ini diikuti dengan antusias oleh para peserta wisuda.  Prosesi  pelantikan yang dilakukan secara live zoom dapat dilaksanakan dengan interaksi yang baik, lancar dan berkesan. Para wisudawan dengan berbagai gaya dan tingkah yang ekspresif mengikuti seluruh acara dengan tertib tanpa mengurangi kreatifitas mereka. (L.Ag. – 10/2020).