Baru-baru ini 4 dosen Program Studi Teknologi Permainan STMM mengadakan pelatihan daring yang bertema “Menumbuhkan Generasi Cerdas Berkarakter dan Berkreativitas Melalui Pelatihan Media Online di Masa Belajar di Rumah”. Dosen-dosen ini adalah R.M Joko Priono, S.P.T., M.Sn., Drs. Willhelmus Filianto, M.Sn, Riska Ana Gulang, MT., dan Dra.Rinawati C,M.Sn. Kegiatan ini diselenggarakan secara online pada Hari Sabtu, 12 Desember 2020 dan dihadiri oleh 20 orang remaja Karang Taruna Pedukuhan Mancasan Desa Pandowoharjo, Kabupaten Sleman. Pelatihan ini merupakan bagian dari pelaksanaan Tridharma para tenaga pengajar Program Studi Teknologi Permainan. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya dalam melaksanakan kebijakan pemerintah tentang penguatan nilai-nilai karakter bagi generasi penerus, serta membuka wawasan dalam memanfaatkan media online secara positif sebagai upaya mengembangkan kreativitas dalam meningkatkan kesejahteraan generasi muda khususnya remaja karang taruna yang berada di Pedukuhan Mancasan Desa Pandowoharjo Kabupaten Sleman. Materi yang disampaikan pada pelatihan tersebut antara lain tentang penulisan naskah cerita, komposisi gambar, teknis produksi di media online Instagram story, membuat blog, fotografi di media online, dan desain kemasan produk. Di akhir kegiatan ini dilakukan evaluasi.

Selain Dosen Prodi Teknologi Permainan, Dosen Prodi Manajemen Produksi Siaran juga melaksanakan pelatihan daring yang bertema “Fotografi & Videografi” pada Hari Rabu – Kamis, tanggal 16 – 17 Desember 2020. Pelatihan ini dilaksanakan oleh 10 dosen. Beberapa dosen prodi lain memperoleh permintaan untuk menjadi pemateri pada pelatihan-pelatihan di Bulan Desember 2020. Pelatihan yang pertama adalah Pelatihan Produksi Media (Video) Pembelajaran untuk Guru. Pelatihan ini diselenggarakan oleh Gugus Sendowo I Kabupaten Gunungkidul pada tanggal 7, 8, 10, dan 11 Desember 2020. Dosen yang ditugaskan untuk menjadi pemateri pada pelatihan ini adalah Diyah Ayu Karunianingsih, Dina Dwika Oktora, Ade Wahyudin, Ardian Setio Utomo, dan Arum Marwati. Selain dosen-dosen tersebut, STMM juga menugaskan Supardi yang merupakan salah satu pranata laboratorium.

Pada Hari Selasa, 29 Desember 2020, Politeknik Kesehatan Karya Husada Yogyakarta menyelenggarakan Pelatihan ”Pemasaran Sosial“. Dua orang dosen Prodi Manajemen Informasi Komunikasi diminta untuk mengisi materi pada pelatihan ini, yaitu Yolanda Presiana Desi dan Ardian Setio Utomo. Pelatihan ini dilaksanakan secara daring.