Pelatihan Produksi Audio Visual Bahan Ajar Prodi Manajemen Teknik Studio Produksi

Pelatihan ini diselenggarakan dalam rangka pengabdian kepada masyarakat pada Hari Sabtu, Senin sampai Kamis, tanggal 6, 8–11 Februari 2021 di  Badan Pendidikan dan Pelatihan Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta. Kantor ini berada di Gunungsempu, Tamantirto, Kasihan, Bantul. Dosen-dosen yang melaksanakannya adalah 4 orang, yaitu Purwanto, SE., M.Si., Marwiyati, S.PT., M.Ikom., David Kristiadi, S.Si., M.Cs., dan Ade Wahyudin, MT. Kegiatan ini melibatkan 1 orang Pranata Laboratorium (Prayitno, S.PT.), 1 orang mahasiswa (Mustafa Kharis), dan 1 orang Admin Prodi (Tri Suwinarti).

Badan Pendidikan dan Pelatihan Pemerintah merupakan salah satu instansi perkantoran di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang harus menyesuaikan diri dengan kondisi pandemi Covid-19. Penyesuaian ini harus dilakukan pada kegiatan pendidikan dan pelatihan, yang biasanya dilakukan secara tatap muka menjadi harus dilakukan secara online. Kegiatan pelatihan secara online membutuhkan media pengajaran yang efektif sehingga peserta pelatihan dapat mengikuti materi pelatihan secara baik.

Salah satu solusi yang efektif dalam penyajian pembelajaran dan pelatihan di masa pandemi Covid-19 adalah dengan menggunakan media audio visual. Media audio visual merupakan media yang paling efektif untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat. Selain itu, media audio visual dapat menjadi solusi pembelajaran jarak jauh yang menarik bagi peserta karena dapat dipelajari kapanpun dan dimanapun.

Para widyaiswara di Badan Pendidikan dan Pelatihan Pemerintah DIY memerlukan pelatihan produksi audio visual bahan ajar dimulai dari tahap praproduksi, produksi, hingga pasca produksi. Dengan pembelajaran program pelatihan produksi audio visual bahan ajar yang profesional, diharapkan para widyaiswara tersebut mampu mengaplikasikannya pada proses pengajaran dan pelatihan dalam melayani kepentingan masyarakat baik di masa pandemi Covid-19 maupun setelahnya. (en)