Dosen Program Studi Matekstosi Membuatkan Website untuk UMKM

Sejak ditetapkannya status pandemi Covid-19, terdapat berbagai sektor ekonomi domestik dan global yang terdampak. Akibat pandemi paling terasa di sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Hingga saat ini, semua pihak terus berjuang bersama-sama untuk dapat menghadapi kondisi yang luar biasa ini terutama di bidang kesehatan dan juga ekonomi. Berdasarkan data dari Katadata Insight Center, tercatat bahwa 82,9% UMKM terdampak pandemi Covid-19. Penjualannya menurun drastis.

Perlu ada upaya untuk membantu para pelaku UMKM agar bangkit dan meningkatkan kembali kegiatan usaha sehingga produktivitas dan omzetnya secara perlahan-lahan akan dapat meningkat kembali. Untuk dapat bertahan selama masa pandemi Covid-19, para pelaku usaha kecil dan menengah harus mampu beradaptasi. Salah satunya dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital dan mengikuti karakteristik konsumen yang saat ini cenderung berbelanja secara online dibandingkan dengan cara konvensional.

Untuk mendukung hal itu, beberapa dosen STMM melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang membantu UMKM dalam membuat strategi pengembangan peluang usaha, yaitu pembuatan situs web untuk memasarkan produk secara online. Salah satunya adalah Tituk Utari, SE., M.Ak (Dosen Program Studi Manajemen Teknik Studio Produksi). Dosen ini menentukan UMKM yang akan dibuatkan website, mensurvey bisnis proses UMKM tersebut, mengidentifikasi keunikan dari UMKM tersebut untuk menjadi taglines, mencari konten-konten yang tepat seperti gambar dan video untuk menguatkan branding usaha UMKM tersebut, mengerjakan website UMKM, dan memberikan ide-ide tambahan untuk mempercantik website yang nantinya dikelola secara mandiri. Sasaran kegiatan ini adalah UMKM yang berlokasi di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta yang terdampak Covid-19 dan dilaksanakan pada tanggal 8 sampai 10 Februari 2021.

Pada tahun 2020, Tituk Utari melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berupa pembuatan digital marketing pada UMKM Pusat Salak Jogja yang berlokasi di daerah Sleman Yogyakarta dan pembuatan website pada UMKM Amina Cake Me On yang berlokasi di Depok Jawa Barat.  Berikut adalah tampilan beberapa halaman website UMKM Amina Cake Me On yang telah dibuat: