Sambut MABA 2021, STMM Gelar PKKMB DARING



Yogyakarta - Tahun Akademik bagi Mahasiswa Baru STMM  telah dibuka, yang ditandai dengan penyelenggaraan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) 2021.
Sebanyak 575 Mahasiswa Baru Th. 2021 mengikuti PKKMB yang digelar secara Daring mulai 28 sd 31 Juli 2021, hal ini dikarenakan situasi pandemi covid19 yang masih belum usai.

Adalah kewajiban bagi Perguruan Tinggi untuk memberikan wawasan pengetahuan dan pengalaman bagi Mahasiswa Baru dalam menghadapi transisi proses belajar dari masa belajar di SLA harus menyesuaikan dengan pola belajar sebagai Mahasiswa yang harus lebih mandiri, kritis dan inovatif.

Dikutip dari Panduan Umum  dari Dikti tentang Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2021, bahwa kegiatan PKKMB merupakan wahana bagi pemimpin perguruan tinggi untuk memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri, serta mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru dan memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Pelaksanaan PKKMB diharapkan menjadi wahana penanaman 5 (lima) program gerakan nasional revolusi mental yaitu Indonesia melayani, Indonesia bersih, Indonesia tertib, Indonesia mandiri, dan Indonesia bersatu. Melalui PKKMB mahasiswa kelak akan menjadi alumni perguruan tinggi yang memiliki kedalaman ilmu, keluhuran akhlak, cinta tanah air, dan berdaya saing global.




Sejalan dengan hal tersebut Ketua STMM  Ir. Noor Iza, M.Sc. dalam sambutan pembukaan PKKMB (28/7-2021) mengharapkan agar para Mahasiswa Baru STMM dalam beraktifitas lebih dewasa, mampu membangun karakter yang mulia dengan kemampuan untuk mandiri, mampu berkomunikasi dengan santun, kritis,  produktif, kreatif dan mampu beradaptasi dalam menghadapi semua situasi juga perkembangan teknologi di era digital sekarang ini. 

Kegiatan PKKMB yang dimulai pukul 08.00 sd 12.00 WIB dipandu oleh Dandi Ganesh (Prodi Manajemen Informasi dan Komunikasi) dan Sara Pamela Panggabean (Prodi Manajemen Produksi Pemberitaan). 
Dalam agenda kegiatan PKKMB, panitia juga membekali mahasiswa baru dengan wawasan nilai-nilai dan integritas kebangsaan yang luhur  dengan menghadirkan para narasumber dari Badan Narkotika Nasional DIY, KPK, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Dirjen Dikti Bidang Pembelajaran  dan Kemahasiswaan, Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo. 
Selain itu, tentu hadir pula narasumber dari internal Sekolah Tinggi Multi Media (STMM), hal ini dimaksudkan agar para mahasiswa baru lebih mengenal sistem pembelajaran di STMM, mengenal para pejabat akademik, para pemangku tugas, baik di lembaga maupun di prodi masing-masing juga unit-unit  kegiatan mahasiswa (UKM) yang bisa menjadi wadah untuk pengembangan talenta dan minat yang dimiliki. 




Pelaksanaan kegiatan PKKMB ini memberlakukan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat dengan kerabat kerja yang minimalis dan mewajibkan mereka menjalani tes swab antigen sebelum kegiatan, agar pelaksanaan PKKMB ini aman demi keselamatan semua pihak. 
(L. Ag. - 07/2021)