Kembangkan Tujuh Kampus, STMM Bakal Jadi IDN-U

KULIAH UMUM : Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johny G Plate saat memberikan kuliah umum melalui video conference pada Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) STMM 2021, Sabtu 31 Juli 2021.

 

Kembangkan Tujuh Kampus, STMM Bakal Jadi IDN-U

YOGYAKARTA – Ulang tahun ke-36 Sekolah Tinggi Multi Media (STMM) menjadi titik tolak perguruan tinggi di bawah Kementerian Kominfo itu untuk bertransformasi. STMM segera bersiap menjadi Institut Digital Nasional-University (IDN-U). Presiden Joko Widodo juga sudah menyetujui usulan dari Kominfo tersebut.

            Dijelaskan, IDN-U tidak hanya dibuka di Yogyakarta, tetapi juga di tujuh kota lainnya, yakni Jakarta, Medan, Bandung, Surabaya, Banjarmasin, Makassar, dan Manado. IDN-U akan menyelenggarakan pendidikan akademik dan vokasi. Saat ini Kominfo sedang memproses instrumen pendukung perpres, kepmen, dan perjanjian kerjasama lainnya dengan kementerian atau lembaga.

“Fokus ada empat, Sekolah Komunikasi Digital, Sekolah Bisnis dan Platform Digital, Sekolah Kebijakan dan Regulasi Digital, dan Sekolah Pascasarjana,” demikian dikatakan Menteri Kominfo, Johny G Plate, saat kuliah umum Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) 2021, secara daring, Sabtu 31 Juli 2021.

            Johny menekankan, perubahan menuju kampus IDN University membuat STMM harus siap menjadi centre of excellent digital Indonesia, menuju world class university di bidang digital. Dosen pun perlu benchmarking dengan perguruan tinggi dunia.  

            Salah satu alasan berdirinya IDN-U adalah mendorong kebutuhan SDM bertalenta digital hingga 2 juta orang sampai 2034. IDN diharapkan bisa mewujudkan “Indonesia Terkoneksi Semakin Digital Semakin Maju”.

“Pendidikan pascasarjana diperlukan sebagai lanjutan, meminimalisasi gap di bidang digital,” kata Johny.

Sebelumnya, Kabalitbang SDM Kominfo, Dr Hary Budiarto, juga memberikan sambutan kepada para mahasiswa baru. Harry Budiarto, mengungkapkan saat ini pentingnya kecakapan digital untuk menguasai ekonomi digital. Selain belajar di kampus mahasiswa juga didorong untuk ke luar kampus menimba ilmu, bahkan bidang ilmu yang berbeda dengan apa yang dipelajari secara formal di kampus asal.

“Melalui, MBKM (merdeka belajar kampus merdeka) Dikbud. Kominfo sendiri juga punya banyak program, pelatihan, magang. Yang penting juga adalah memelihara karakter jujur dan pantang menyerah,” katanya. (Sony Way)