Momentum Wisuda Sekolah Tinggi Multi Media Sebagai Pilar Pendukung Transformasi Digital Nasional



Yogyakarta, 4 September 2021. Era disrupsi dan perkembangan teknologi saat ini memberikan tuntutan yang cukup besar bagi wisudawan Sekolah Tinggi Multi Media (STMM) Yogyakarta untuk dapat berkontribusi secara luas terutama dalam pemanfaatan teknologi untuk diseminasi informasi yang bebas hoax. Wisuda menjadi momentum penting dan tonggak awal perjalanan wisudawan untuk berkiprah dan berkontribusi bagi negara.

Kondisi pandemi yang belum berakhir, tahun ini untuk kedua kalinya STMM menyelenggarakan wisuda secara daring melalui Auditorium Sekolah Tinggi Multi Media, Jl. Magelang km. 6 Yogyakarta. Prosesi wisuda diawali dengan Orasi Ilmiah dari Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Kominfo, Dr. Eng Hary Budiarto, M.Kom, IPM dengan tema “Inovasi Penguatan Sumber Daya Manusia dalam Transfomasi Digital Nasional”. 

Lebih lanjut, Dr. Eng. Hary Budiarto menyampaikan bahwa transformasi digital nasional merupakan solusi strategis dan langkah besar untuk membawa Indonesia menjadi negara dengan fundamental ekonomi kuat dan berdaya saing global, sehingga dibutuhkan kerjasama berbagai pihak dari pemerintah hingga masyarakat luas. Dalam upaya percepatan digital ini, STMM perlu untuk bertransformasi menjadi Institut Digital Nasional University (IDN-U) yang akan menjadi center of excellence dan pusat riset unggulan untuk pengembangan talenta digital nasional dengan fokus studi pada Teknologi Digital, Ekonomi Digital, Komunikasi dan Media Digital serta Tata Kelola dan Regulasi Digital.

Sementara itu, Ketua STMM, Ir. Noor Iza, M.Sc. dalam sambutannya menyampaikan kebanggaannya pada 122 wisudawan hari ini, dimana 33 orang atau sekitar 27% telah terserap di dunia kerja. Hal tersebut membuktikan bahwa para mahasiswa sebelum menyelesaikan pendidikan telah mampu menarik perhatian dunia industri, non industri dan instansi pemerintah yang membutuhkan jasa, kemampuan, dan keterampilan mereka. 




Wisudawan berasal dari seluruh jurusan dan program studi (prodi) yang ada di STMM, yaitu Jurusan Komunikasi Informasi Publik (KIP) dengan Prodi Manajemen Informasi dan Komunikasi (MIK); Jurusan Penyiaran dengan 3 Prodi (Prodi Manajemen Produksi Siaran, Manajemen Produksi Berita, Manajemen Teknik Studio Produksi), Jurusan Animasi dan Tekonologi Permainan dengan 2 Prodi (Prodi Animasi dan Prodi Teknologi Permainan). Dari 122 wisudawan, sebanyak 3 orang meraih predikat cumlaude. Megawati Prasetya Ningrum dari Jurusan Penyiaran Program Studi Manajemen Teknik Studio Produksi meraih IPK tertinggi dengan nilai 3,82.

STMM memiliki Lembaga Sertfifikasi (LSP) dengan 4 (empat) skema yaitu Media Relations Officer, Desainer Grafis Junior, Penulisan Naskah Program Siaran Televisi, dan Video Editor. Mahasiswa dan alumni STMM diberi kesempatan untuk mengikuti sertifikasi kompetensi tersebut, dan sertifikat yang diterbitkan BNSP untuk melengkapi Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI).