Pelatihan Video Kreatif untuk Mendorong Promosi Desa Wisata dan Ekonomi di Masa Pandemi Covid-19


Purwareja (22/9). Promosi desa wisata dengan segala potensi patut didukung terutama di masa pandemi covid-19 untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Hal ini disampaikan oleh Pembantu Ketua 1 Bidang Akademik, Dr. Sudono, M.Si dalam pembukaan pelatihan produksi video kreatif, Selasa siang, 21 September 2021 di Aula Kecamatan Purwareja Klampok. 

Pelatihan ini merupakan program pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud dukungan Sekolah Tinggi Multi Media khususnya Program Studi Manajemen Produksi Berita dalam menggugah promosi ekonomi dan  desa wisata.

“Pelatihan ini dilakukan agar dapat membantu mengembangkan promosi potensi ekonomi dan desa wisata dengan memanfaatkan media digital dan media sosial”, tambah Sudono.

Pelatihan video kreatif diberikan kepada karang taruna di Kecamatan Purwareja Klampok Kabupaten Banjarnegara. Pelatihan dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 21 s.d. 23 September 2021, mulai tahapan penentuan ide konten, merekam video, editing video hingga publikasi pada media sosial diantaranya facebook, instagram, youtube dan media sosial lainnya. 

 
Peserta berdiskusi menentukan konten dan praktik editing (foto:Fidya)

Sonhaji, S.IP, S.Sos, M.Kes, M.Sy, MH selaku camat Purworeja Klampok, Kabupaten Banjarnegara sangat mendukung program pelatihan tersebut Menurut Sonhaji dengan pelatihan ini peserta dapat mengembangkan potensi dan sadar teknologi khususnya media digital dan multimedia. 

“Nggak ada bahan tapi kalau kita pinter,itu jadi. Ada bahan tapi nggak ada kemauan belajar nanti nggak jadi. Dengan didorong  adanya kemauan belajar seperti melalui pelatihan ini diharapkan kedepannya peserta bisa menerapkan ilmu yang diambil dari pelatihan ini”, tambah Sonhaji.

 
Peserta pelatihan bertanya dan berdiskusi (foto: Fidya)

Salah satu peserta pelatihan video kreatif mengatakan dapat menambah ilmu baru tentang dunia multimedia khususnya videografi dan terkait branding. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan ilmu yang didapatkan bisa dipraktikkan dengan baik guna membuat konten video kreatif dan bisa mengembangkan potensi promosi terkait desa wisata di Purwareja-Klampok.

 
Peserta praktik editing untuk konten media sosial. (foto: Fidya)

Ketua Program Studi Manajemen Produksi Berita, Drs. Basirun, M.Pd berharap nantinya peserta yang terdiri dari karang taruna ini dapat menularkan kepada para pemuda yang lain. Dengan demikian dapat menghasilkan konten video lebih banyak dan ikut mempromosikan ekonomi masyarakat dan desa wisata di kecamatan Purwareja Klampok

Penulis : Fidya Mileniar
Editor : Ayu.dy