Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) PS : Teknologi Permainan “ Optimalisasi Pengelolaan Website Untuk Meningkatkan Pemasaran Digital Desa Wisata Di Desa Semowo Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang Jawa Tengah ”



Keberadaan website sudah sangat diperlukan oleh sebuah desa. Salah satu manfaat website bagi desa yakni sebagai sarana informasi desa (SID). Keberadaan website desa juga merupakan salah satu amanat yang tertuang dalam Undang-Undang Desa Nomor Tahun 2014. 
Program Studi Teknologi Permainan Sekolah Tinggi Multi Media “MMTC” Yogyakarta pada Tanggal 22 sampai dengan 25 September 2021 menyelenggarakan Pendampingan sebagai upaya tindaklanjut kegiatan Pengabdian Masyarakat di semester sebelumnya yakni dengan mengupayakan “Optimalisasi Pengelolaan Website Untuk Meningkatkan Pemasaran Digital Desa Wisata di Kelurahan Semowo, Kec. Pabelan, Kabupaten Semarang. Kegiatan ini merupakan impelementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang salah satu bentuknya adalah Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). 
Dalam pelaksanaan pendampingan diikuti oleh 25 orang peserta yang terbagi dalam 3 (tiga) kelompok masing-masing kelompok nantinya akan didampingi oleh para tenaga pengajar program studi teknologi permainan yang terdiri dari RB Hendri Kuswantoro, S.Kom. M.Kom, Sigit Winarso, S.Kom,  M.Cs, Drs. Wilhelmus Filianto, M.Sn serta R.M Joko Priono, S.PT, M.Sn dan dibantu 2 (dua) mahasiswa, Bagus Darmawan Putra dan Irfan Aldin
Latar belakang peserta terdiri dari para pelaku konten kreatif, pengusaha kecil rumahan seperti usaha anyaman keranjang ikan dan beberapa dari anggota karang taruna yang akan  merintis usaha pengelolaan desa wisata di Desa Semowo. Program pendampingan PKM antara lain meliputi: (1) Pendampingan dalam mengoptimalkan keberadaan website Desa (2) Pendampingan dalam menyusun model grafis website desa (3) Pendampingan dalam merencanakan serta memproduksi konten kreatif / berita untuk website Desa (4) Pendampingan pada kelompok Pokdarwis dalam pemetaan dan pembuatan promosi potensi wisata desa.

Berdasarkan materi yang telah diberikan pada kegiatan PKM sebelumnya yakni Pengetahuan Dasar tentang Plattform Digital, Desain Grafis, Penulisan naskah digital serta Pengenalan dan Pemanfaatan Media Online untuk Promosi. Peserta pendampingan dalam kegiatan PKM kali ini telah dapat mengoptimalkan keberadaan website melalui upaya yang telah dilakukan diantaranya dengan membuat model tampilan grafis yang semakin menarik, peningkatan pelayanan online, menjaga kesinambungan informasi / berita, membuat konten berdasarkan potensi yang dimiliki masyarakat salah satunya tentang industri kerajinan tangan, dokumentasi wilayah (potensi wisata alam), serta pemahaman pokdarwis dalam memetakan serta memasarkan / promosi potensi desa sebagai upaya penguatan desa wisata.

Pada acara penutupan  pendampingan kegiatan pengabdian masyarakat, Nurul Huda selaku Kepala Desa Semowo dan Muhamad Daim A selaku Kasie Pelayanan mengucapkan terima kasih kepada Sekolah Tinggi Multi Media “MMTC” khususnya Tim Dosen Prodi Teknologi Permainan karena kegiatan pendampingan semakin dirasakan kemanfaaatannya oleh para peserta, khususnya pelaku  kreatif platform digital, pelaku usaha anggota karang taruna serta aparat desa juga semakin bersemangat dalam melayani masyarakat serta memproduksi konten kreatif, yang dapat mendukung keberadaan promosi desa wisata. Melalui kegiatan pendampingan PKM ini Kelompok sadar wisata Kelurahan Semowo juga akan semakin mudah dalam berkolaborasi maupun mengkomunikasikan serta mensinergikan program kerjanya melalui keberadaan website desa sebagai gerbang promosi potensi yang dimiliki desa semowo sekaligus terciptanya transformasi budaya masyarakat desa digital. (R.B.H. Kuswantoro. RM.joko.2021)