Peran Alumni dalam Penguatan Pusat Karir dan Pelaksanaan Tracer Alumni




Yogyakarta. Alumni merupakan indikator kesuksesan sebuah perguruan tinggi untuk menunjukkan bahwa keberadaan perguruan tinggi mampu menghasilkan lulusan berkualitas dan berdaya saing tinggi. Hal ini disampaikan oleh Danang Yudhiantoro, SE, M.Si, CDMP, Kepala UPT Pengembangan Karir dan Kewirausahaan UPN "Veteran" Yogyakarta sebagai narasumber acara Temu Alumni STMM pada Jumat 2 Juni 2023 lalu di Student Lounge Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta.

"Alumni memegang peranan penting dalam memberikan masukan terhadap proses dan perbaikanan bagi lembaga pendidikan, termasuk sebagai kontrol evaluasi dalam bentuk feedback bagi perbaikan proses belajar mengajar, kurikulum, muatan mata kuliah bahkan kualita dosen untuk kemajuan sebuah perguruan tinggi", tambah Danang. 
 
FGD Temu Alumni di Student lounge STMM Yogyakarta (dok: Tanjung)

Pada acara Temu Alumni dan Fest STMM Tahun 2023 dengan tema "Peran Alumni dalam Penguatan Pusat Karir dan Pelaksanaan Tracer Alumni", Danang mengatakan untuk mengecek data alumni perlu Tracer Study yang dilakukan 1-3 tahun setelah lulus untuk mengetahui outcome pendidikan dari dunia pendidikan ke dunia kerja.

"Perlu kesadaran alumni untuk memberikan peran dan kontribusi kepada perguruan tinggi", tambah Danang.

Noor Iza dalam Focus Group Discussion Temu Alumni STMM (dok: Tanjung)

Ketua Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta, Ir. Noor Iza, M.Sc. berharap dengan adanya tracer study dapat kembali meningkatkan hubungan antara lembaga perguruan tinggi dan alumni untuk mendukung Kampus STMM, termasuk membantu para lulusan baru untuk mendapat pekerjaan.

Penulis: Ayudy