Perkuat Ekosistem Digital di Destinasi Super Prioritas (DSP) Borobudur STMM Kominfo Lepas 101 Mahasiswa KKN di Magelang



Magelang - Senin 3 Juli 2023, bertempat di Balkondes Borobudur Kabupaten Magelang Ketua STMM Ir. Noor Iza M.Sc.  menyerahkan 101 Mahasiswa KKN STMM kepada Pemkab Magelang. Serah terima ini menandai dimulainya program KKN tematik yang akan berlangsung selama 40 hari kedepan. 
Tema KKN kali ini adalah " Penguatan Ekosistem Digital Untuk Promosi Pariwisata di DSP Borobudur". 

Hadir langsung dalam acara ini Kadisparpora Kab. Magelang Achmad Husein SE, MM.  didampingi beberapa staf Disparpora serta Camat, Kapolsek, Danramil dan Kepala Desa lokasi KKN. Penerimaan mahasiswa peserta KKN diwakilkan kepada Direktur Ketep Pass Mul Budi Santoso didampingi Ketua Forum DTW Kabupaten Magelang Edward Alfian dan Pesona Magelang Sahrodin. 

101 Mahasiswa KKN STMM merupakan mahasiswa Prodi Manajemen Informasi Komunikasi ( MIK) jurusan Komunikasi Informasi Publik ( KIP). Peserta KKN ditempatkan di 10 desa wisata di 4 kecamatan di Kabupaten Magelang. Adapun 10 desa wisata ini adalah desa wisata Ngargogondo, Desa Wisata Bumiharjo, Desa Wisata Wanurejo, Desa Wisata Tuksongo dan Desa Wisata Karangrejo untuk Kecamatan Borobubur. Kecamatan Sawangan ditempatkan di Desa Wisata Mangunsari, Desa Wisata Ketep dan Desa Wisata Wonolelo. Kecamatan Srumbung ditempatkan di Desa Wisaya Mrangeen. Sedangkan Kecamatan Mungkin penempatan di Desa Wisata Rambeanak. 



Program utama yang akan menjadi fokus KKN ini adalah optimasi media digital untuk pariwisata, pembuatan konten promosi desa wisata, penguatan SDM desa wisata terkait digital promosi serta pembuatan profil desa wisata dan penguatan sistem informasi desa. 

Ir. Noor Iza, M.Sc.  selaku Ketua STMM berharap hadirnya Mahasiswa STMM ini mampu mendukung akselerasi digitalisasi serta menguatkan ekosistem digital pada promosi wisata di Kabupaten Magelang. " Kami titipkan mahasiswa yang kami banggakan kepada Pemkab Magelang agar apa yang dipelajari di kampus dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya bagi pengembangan pariwisata",  demikian Noor Iza menyampaikan dalam prosesi serah terima KKN.

Pemerintah Kabupaten Magelang melalui Disparpora Kab.  Magelang menyambut baik program ini. KKN Tematik pariwisata baru pertama kali dilakukan di Kabupaten Magelang. Kasi Promosi Disparpora Widodo Anwari menyampaikan bahwa kegiatan ini akan sangat membantu dan bentuk kolaborasi yang sangat diharapkan. 

Kegiatan KKN akan berlangsung hingga 11 Agustus 2023. Kolaborasi akademisi, kampus dan pemerintah daerah menjadi salah satu bentuk pelaksanaan program Tri Dharma Perguruan Tinggi. STMM merupakan Sekolah Tinggi dibawah Kementerian Kominfo yang berlokasi di Jl Magelang Km 6 Yogyakarta dan berkomitmen menciptakan SDM unggul bidang digital. 
(SitiChotijah Tim Humas STMM No. HP 082138800111)