Lestarikan Seni dan Budaya, Mahasiswa STMM



Jakarta - Agenda acara menyambut Hari Kemerdekaan RI ke -78 akan digelar dengan meriah di Ibu Kota RI. Berbagai event dalam lingkup Nasional maupun Internasional tentu akan menjadikan suasana perayaan 17 Agustus semakin meriah. 
Selain acara utama Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Istana Negara,  pemerintah juga menggelar acara-acara pendukung. Salah satu side events yang akan meramaikan perayaan HUT RI ke-78 adalah Pagelaran Angklung yang dinyatakan oleh penyelenggara sebagai pagelaran angklung terbesar di dunia. Pagelaran angklung ini akan didukung kurang lebih 15 ribu peserta dari berbagai wilayah dan komunitas dari seluruh Indonesia.  

STMM "MMTC" Yogyakarta sebagai Perguruan Tinggi dibawah Kementerian Komunikasi & Informatika RI, tak ketinggalan untuk berpartisipasi dalam pagelaran musik angklung ini. Dibawah koordinasi Badan Litbang SDM Kemenkominfo, STMM mewakili Kominfo mengirimkan 83 mahasiswanya untuk bergabung dan memeriahkan acara ini. 

Sebelum tampil di acara Pagelaran Angklung 5 Agustus 2023, Tim Angklung STMM beserta pelatih dan para pembimbing juga melakukan audiensi kepada Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi dengan didampingi Kepala Badan Litbang SDM, Hary Budiarto dan Ketua STMM, Noor Iza.

Para mahasiswa STMM "MMTC" telah dipersiapkan dengan menjalani latihan di kampus sejak Mei 2023, dengan pelatih  lokal Ardian Syahrir Kandung.
Mereka berangkat ke Jakarta dengan senang dan antusias, karena dapat bergabung dalam gelaran acara yang merupakan bentuk kecintaan pada budaya bangsa dan kebanggaan pada kesenian angklung. Salah satu alat musik yang asli Indonesia dan telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisaan budaya dunia asal Indonesia pada 16 November 2010.

Pagelaran Angklung terbesar ini diselenggarakan di Gelora Bung Karno, pada Sabtu, 5 Agustus 2023 Pukul 19.30 - 21.00 WIB. Para peserta pagelaran akan memainkan lagi Nasional "Berkibarlah Benderaku"  karya Ibu Sud dan lagu dari group band asal Jerman, Scorpion yang berjudul "Wind Of Change".  
Kegiatan yang di inisiasi oleh Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) juga melibatkan Saung Angklung Ujo (SAU) sebagai mitra. Event ini dimaksudkan juga untuk pemecahan rekor dunia Guinness World of Records (GWR).
(L.Ag -08/23)