Paskibra dan Marching Band STMM Dukung Upacara Kemerdekaan RI di Kominfo

STMM/dok

PASKIBRA STMM : Pasukan Pengibar Bendera STMM yang bertugas pada upacara Hari Kemerdekaan RI ke-78 di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

 

Paskibra dan Marching Band STMM Dukung Upacara Kemerdekaan RI di Kominfo

 

JAKARTA – Mahasiswa Sekolah Tinggi Multi Media (STMM) Yogyakarta berpartisipasi dalam Upacara Hari Kemerdekaan RI ke-78 di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Jakarta, Kamis 17 Agustus 2023. Sebanyak 89 orang  ditunjuk untuk bertugas sebagai Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) dan Marching Band upacara.

Ini adalah kali pertama rombongan mahasiswa ditunjuk secara langsung sebagai Paskibra dalam perhelatan tahunan tersebut. Sementara untuk Marching Band STMM sudah terlibat beberapa kali dalam upacara-upacara hari besar di Kemenkominfo.

Adapun petugas upacara terdiri dari 15 Mahasiswa STMM tergabung dalam Pasukan Pengibar Bendera. Mereka merupakan gabungan dari mahasiswa semester 1, 3, dan 5. Komandan upacara adalah Satria Yudistira, Master of Ceremony oleh Rivera Sevilla Lova Nugraha, Pembaca UUD 45 Belia Kusuma Dewi, Ajudan Proklamator M Arga Widiyantoro, Ajudan Inspektur Upacara Rafianda Putra Pratama, Pembawa baki tanda kehormatan Artya Anya. Paskibra terdiri Aswangga Zuhdan F, Imanda Zahwa, M Ramadhani Oktalinov P, Muhammad Yunus Hanafi, Fahmi Athillah Arbi, Zaidan Ahlullah Fauqi, Intan Sabrina Azahrah, Rieke Nurfitri, Salsabillah Irwanda.

Selain petugas upacara dan Paskibra, STMM juga menampilkan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa Corps Digita Marching Band. Tahun ini ada 74 mahasiswa dari semester 3 dan 5 yang tergabung dalam Marching Band tersebut. Mereka bertugas membawakan wajib nasional Indonesia Raya, Mengheningkan Cipta, Hari Merdeka, serta lagu Koyo Jogja Istimewa. Para mahasiswa STMM tampil bagus dan memukau dalam upacara tersebut.

 

STMM/dok

MARCHING BAND STMM : Corps Digita Marching Band STMM yang bertugas pada upacara Hari Kemerdekaan RI ke-78 di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

 

Komitmen Kominfo

Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi menjadi inspektur upacara pada acara yang digelar di halaman Kementerian Kominfo RI, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat tersebut. Menkominfo memilih pakaian adat Kalimantan berwarna hitam dengan pola ornamen emas lengkap dengan asesoris kalung dan mahkota bulu burung.

Menkominfo dalam amanatnya mengajak mengingat kembali komitmen Kominfo kepada Indonesia. ”Yakni untuk menghubungkan wilayah wilayah sampai ke pelosok negeri. Memberdayakan system teekomunikasi dan memastikan setiap warga Negara untuk mendapatkan dan memiliki hak yang sama atas akses informasi,” paparnya.

Sejarah bangsa, lanjutnya, telah memberi pelajaran bahwa kegigihan perjuangan didukung komunikasi yang efektif merupakan kekuatan untuk mengubah bangsa. “Sebagaimana para pahlawan yang berani mewujudkan kemerdekaan, Kementerian Kominfo juga harus berani mengambil langkah menuju ruang digital yang berdaulat dan inklusif bagi semua" tuturnya.(Sony Way)