Pakaian Adat Nusantara Meriahkan Upacara Hari Kemerdekaan di STMM

STMM/Oktavian Bagus

PAKAIAN ADAT : Sivitas akademika STMM mengenakan pakaian adat nusantara saat Upacara Hari Kemerdekaan RI ke-78 di kampus setempat,, Kamis 17 Agustus 2023.

 

Pakaian Adat Nusantara Meriahkan Upacara Hari Kemerdekaan di STMM

 

 

YOGYAKARTA - Sivitas akademika Sekolah Tinggi Multi Media (STMM) Yogyakarta memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-78 dengan berpakaian adat Nusantara dalam upacara di kampus setempat, Kamis 17 Agustus 2023. Selain berpakaian adat, upacara tahun ini juga melibatkan mahasiswa-mahasiswi dari STMM sebagai petugas upacara.

Upacara dipimpin oleh Pembantu Ketua 1, Dr Sudono M.Si sebagai inspektur upacara. Sementara Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) terdiri dari enam mahasiswa dari semester 1, 3, dan 5. Mereka adalah Nesya Lira S, Adinda Raihanah C, Risna Nur A. Selain itu petugas dari mahasiswa adalah Agnes Anargia D (MC), Damar Lumintang (Pembaca UUD 45), M. Rafi Eka Putra (Ajudan).

Upacara yang berlangsung di halaman STMM Yogyakarta, Jalan Magelang Km. 6 Yogyakarta berlangsung khidmat dan penuh warna. Pakaian adat nusantara yang dikenakan dalam upacara tahun ini merupakan representasi rasa nasionalisme dan keberagaman di Indonesia.

 

STMM/Oktavian Bagus

UPACARA : Upacara Hari Kemerdekaan RI ke-78 di STMM Yogyakarta, Kamis 17 Agustus 2023.


Pahlawan Komunikasi

Inspektur upacara dalam amanatnya membacakan pidato Menteri Kominfo RI. Salah satu hal penting dalam peringatan kemerdekaan kali ini adalah meneruskan perjuangan para pahlawan komunikasi. Keberadaan mereka kala itu meneruskan bara perjuangan para pahlawan yang turun di medan perang. Melalui radio, siaran teks proklamasi dikumandangkan setiap 30 menit ke seluruh penjuru tanah air. Tentu bukan tanpa tantangan. Musuh berupaya melakuakn penjegalan stasiun radio, maupun pembredelan berita tentang kemerdekaan Indonesia. Teknologi komunikasi kala itu menduduki peran strategis untuk mengabarkan proklamasi kemerdekaan Indonesia ke dunia.

Upaya membangun infrastruktur komunikasi dan informatika yang dilakukan Pemerintahan Joko Widodo sekarang ini selaras dengan semangat perjuangan para pahlawan kala itu. STMM sebagai salah satu lembaga pengembangan SDM Kominfo berperan penting dalam upaya mendukung visi misi pemerintah. Kampus yang berdiri sejaka 1985 tidak sebatas pada penyiaran dan industri kreatif tetapi juga menuju ke teknologi digital terkini. (Sony Way)