Wamenkominfo : Lulusan STMM Layak Jadi Talenta Digital Terdepan


Wamenkominfo Nezar Patria melaksanakan kunjungan kerja di Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Kominfo pada Jumat, 13 Oktober 2023. STMM merupakan satu-satunya sekolah tinggi dibawah Kementerian Kominfo yang berlokasi di Jalan Magelang Km 6 Yogyakarta.

Nezar Patria meninjau berbagai fasilitas di STMM dari laboratorium, sarana dan prasarana kampus juga berkesempatan untuk berdialog dengan civitas akademika di Auditorium STMM. 

Wamenkominfo cukup terkesan dengan kunjungan ini dan memberikan berbagai arahan khususnya bagi STMM kedepan. 

Nezar Patria menyampaikan bahwa STMM harus menyiapkan talenta pada industri digital. Keberadaan STMM diharapkan mendorong cita-cita kita dalam akselerasi transformasi digital di 2045. 

STMM harus fokus membayangkan 10 - 15 tahun kedepan. Pada era digital banyak titik kritikal yang jika telat akan ketinggalan. Banyak guncangan yang akan dihadapi seperti tantangan AI, yang wajib diadaptasi. 

Saat mengunjungi Laboratorium Broadcasting, Wamenkominfo meninjau peralatan yang menurutnya belum ada kampus lain yang memiliki studio sebagus ini. Selain menyaksikan aktivitas mahasiswa yang sedang persiapan praktik simulasi, Wamenkominfo berdialog dan berdiskusi singkat dengan beberapa Perwakilan Mahasiswa dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). 

"STMM Kominfo saat ini memiliki 3 jurusan dan 6 program studi bidang komunikasi, penyiaran dan Animasi & Teknologi Permainan. Sebagai lembaga pendidikan vokasi, STMM berkomitmen mencetak SDM bertalenta digital bukan hanya terkait skill namun juga mencetak SDM yang memiliki digital mainset dan berdaya saing," papar Noor Iza Ketua STMM. 

Fasilitas kampus seperti laboratorium terus diperbaharui dengan teknologi terupdate, STMM juga tengah melakukan renovasi fasilitas serta membangun gedung baru yang representatif untuk mendorong kualitas pembelajaran. 

Sebagai lembaga pendidikan, STMM Kominfo melakukan berbagai kerjasama baik nasional maupun internasional. Kerjasama ini diwujudkan dengan kolaborasi Tri Dharma Perguruan Tinggi seperti Inviting lecture, kerjasama magang dengan industri dan meningkatkan riset. 

Melalui kunjungan Wamenkominfo, Noor Iza berharap agar kedepan fungsi dan peran STMM lebih didorong dalam menjadi lembaga pendidikan tinggi dalam mencetak SDM bertalenta digital.


Tim Humas STMM
@mmtc.id