
Yogyakarta, 13 Agustus 2024 — Sekolah Tinggi Multi Media (STMM) Yogyakarta kembali menggelar Studium Generale dengan tema "Scrum untuk Manajemen Proyek Game" pada hari Senin 12 Agustus 2024, di Joint Lecture Room STMM. Acara ini disambut dengan antusias oleh komunitas akademik, khususnya mahasiswa dan dosen dari Program Studi Teknologi Permainan, yang hadir untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang penerapan Scrum dalam pengembangan game.
Dalam industri pengembangan game yang terus berkembang, Scrum telah menjadi salah satu metodologi manajemen proyek yang paling efektif. Framework ini memungkinkan tim pengembang untuk bekerja dengan lebih fleksibel dan kolaboratif, sehingga dapat merespons perubahan dan tantangan yang sering muncul selama proses pengembangan. Studium Generale kali ini bertujuan untuk memberikan pemahaman menyeluruh tentang konsep dan implementasi Scrum kepada para mahasiswa, serta memberikan wawasan tentang praktik-praktik terbaik yang bisa diterapkan dalam proyek game mereka.
Fadhil Noer Afif, S.Si., M.Sc, Founder & CEO Reima Project, yang juga seorang ahli dalam manajemen proyek dan pengembangan game, menjadi pembicara utama dalam acara ini. Beliau memaparkan berbagai aspek penting dari Scrum, termasuk: • Pengenalan dan prinsip dasar Scrum: Bagaimana Scrum bekerja dan peran-peran utama dalam tim Scrum, seperti Scrum Master, Product Owner, dan Tim Pengembang. • Implementasi Scrum dalam pengembangan game: Studi kasus mengenai penerapan Scrum dalam proyek game, mulai dari fase perencanaan hingga peluncuran. • Tantangan dan solusi dalam penerapan Scrum: Diskusi mendalam tentang hambatan yang mungkin muncul dan cara mengatasinya.
Mahasiswa yang hadir memberikan tanggapan positif terhadap materi yang disampaikan. Salah satu peserta, Bagas, mengungkapkan, “Acara ini sangat membuka wawasan kami tentang bagaimana mengelola proyek game dengan lebih efektif. Penerapan Scrum sangat relevan dengan kebutuhan industri game saat ini.”

Acara ini juga diharapkan dapat mendorong penerapan Scrum dalam proyek-proyek yang sedang dikerjakan oleh mahasiswa di Program Studi Teknologi Permainan STMM Yogyakarta, sekaligus mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan nyata di industri kreatif.
Penulis: RM Joko Priyono (Dosen Prodi Teknologi Permainan STMM)
Editor: Tim Humas STMM