
Program Studi Teknologi Permainan Sekolah Tinggi Multi Media (STMM) pada tanggal 30 Juli sampai dengan 3 Agustus 2024 menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) “Desain Grafis Untuk Kemasan Produk di Desa Kalibeji Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang. Kegiatan ini merupakan implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Kegiatan Digitalisasi Pemasaran untuk pembuatan Desain Grafis Kemasan Produk maupun Konten Kreatif diikuti oleh 20 orang peserta yang terbagi dalam 3 (tiga) kelompok, yaitu kelompok pembuatan desain/grafis kemasan, penulisan konten kreatif (nilai produk), kelompok, editing fotografi dan videografi (grafis dan kemasan produk) serta kelompok pengelolaan bisnis digital.
Peserta pelatihan didampingi tenaga pengajar program studi Teknologi Permainan yang terdiri dari RB Hendri Kuswantoro, S.Kom. M.Kom, Sigit Winarso, S.Kom, M.Cs, Drs. Wilhelmus Filianto, M.Sn, Adi Sucipto, ST,MT serta R.M Joko Priono, S.PT, M.Sn.
Peserta pelatihan yaitu pengusaha kecil rumahan seperti usaha makanan ringan, pelaku konten kreatif (Youtuber, admin Facebook), dan beberapa dari anggota karang taruna yang akan merintis usaha pengelolaan ekosistem digital bagi pelaku usaha dan pamong masyarakat di Desa Kalibeji, Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah.
Program pelatihan PKM antara lain meliputi: (1) Mengoptimalkan desain grafis kemasan produk, penulisan cerita produk, (2) Menyusun model kemasan produk menggunakan desain grafis, editing, fotografi, videografi konten produk masyarakat, (3) Merencanakan serta memproduksi promosi produk, konten /penulisan kreatif / berita untuk platform maupun website kecamatan, serta (4) Mengelola bisnis digital terkait dengan pentingnya visual dalam menarik perhatian dan membangun brand di media online.
Pada acara penutupan pelatihan kegiatan pengabdian masyarakat, Bapak Ngatman selaku Kepala Desa Kalibeji Kecamatan Tuntang mengucapkan terima kasih kepada Sekolah Tinggi Multi Media khususnya Tim Dosen Prodi Teknologi Permainan. Kegiatan pelatihan dan pendampingan dirasakan manfaatnya oleh para peserta, khususnya masyarakat generasi pemuda, konten kreator, anggota karang taruna serta aparat desa. Selesai pelatihan, peserta semakin bersemangat dalam melayani masyarakat serta memproduksi konten kreatif, dan mengelola bisnis digital. Melalui kegiatan PKM berbentuk pelatihan ini, diharapkan semakin meningkatkan keberlanjutan ekosistem masyarakat digital bagi para pelaku usaha lainnya.
Penulis: RM Joko Priono (Dosen Prodi Teknologi Permainan STMM)
Editor: Tim Humas STMM