PROGRAM TEKNOLOGI PERMAINAN
JURUSAN ANIMASI DAN TEKNOLOGI PERMAINAN
SEKOLAH TINGGI MULTI MEDIA YOGYAKARTA
- VISI DAN MISI PROGRAM STUDI
- Visi :
- Misi :
- Menghasilkan tenaga profesional dan aplikatif di bidang teknologi permainan.
- Mengembangkan hasil riset untuk meningkatkan pelayanan prima guna memenuhi tuntutan masyarakat di bidang teknologi permainan.
- Menciptakan sumber daya manusia di bidang teknologi permainan yang berperan yang berperan aktif dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan pembangunan.
- Membangun etika profesi di bidang teknologi permainan.
Menjadi program studi terbaik yang menyiapkan tenaga profesional di bidang industri game yang terintegrasi budaya lokal dan teknologi yang berstandar internasional.
- TUJUAN PROGRAM STUDI
- Tujuan Khusus :
- Tujuan Umum :
Menghasilkan lulusan berkemampuan manajerial professional dalam bidang perancangan game yang dapat diaplikasikan pada berbagai macam media untuk mencapai tujuan di bidang; pendidikan, bisnis, dan sosial.
Menghasilkan lulusan yang mampu merancang dan membuat, game yang memuat kearifan lokal dengan pemanfaatan perangkat multi media berdasarkan teamwork berbasis riset.
STRUKTUR PROGRAM KURIKULUM PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PERMAINAN
SEMESTER 1
-
No.
Mata Kuliah
Kode Mata Kuliah
Beban SKS
Teori
Praktik
Jml
1.
Pendidikan Agama
22PAG20.21
2
-
2
2.
Pendidikan Pancasila
22PPA20.21
2
-
2
3.
Bahasa Inggris
22BIG21.21
2
-
2
4.
Ilmu Budaya Nusantara
22IBN21.21
2
-
2
5.
Komunikasi interpersonal
22KIP21.21
2
-
2
6.
Psikologi Persepsi
22PPI21.21
2
-
2
7.
Metodologi Penelitian
22MTP21.21
2
-
2
8.
Nirmana
22NRM31.21
2
1
3
9.
Sketsa
22SKT31.21
2
1
3
10.
Creative Thinking
22CRT21.21
2
-
2
Jumlah
20
2
22
SEMESTER 2
-
No.
Mata Kuliah
Kode Mata Kuliah
Beban SKS
Teori
Praktik
Jml
1.
Sejarah Animasi game
22SAG22.21
2
-
2
2.
Edu Game
22EDG22.21
2
-
2
3.
Perancangan Game
22PRG32.21
2
1
3
4.
Desain Komunikasi Visual
22DKV.32.21
2
1
3
5.
Drawing
22DRW32.21
2
1
3
6.
Algoritma Pemrograman
22APN22.21
2
-
2
7.
Fisika Game
22FSG22.21
2
-
2
8.
Matematika Game
22MTG22.21
2
-
2
9.
Pendidikan Kewarganegaraan
22PKN20.21
2
-
2
10.
Prinsip Animasi game
22PAG.22.21
2
-
2
Jumlah
21
2
23
SEMESTER 3
-
No.
Mata Kuliah
Kode Mata Kuliah
Beban SKS
Teori
Praktik
Jml
1.
Bahasa Indonesia
22BAI20.21
2
-
2
2.
Logika Game
22LOG23.21
2
-
2
3.
Basis Data
22BDA23.21
2
-
2
4.
Penulisan Naskah Game
22PNG33.21
2
1
3
5.
Perancangan Karakter
22PKR33.21
2
1
3
6.
Pemrograman Game
22PGE33.21
2
1
3
7.
Komputer Grafis
22KPG33.21
2
1
3
8.
Ilustrasi Digital
22ILD33.21
2
1
3
9.
Produksi Board Game
22PBG23.21
-
2
2
Jumlah
16
7
23
SEMESTER 4
-
No.
Mata Kuliah
Kode Mata Kuliah
Beban SKS
Teori
Praktik
Jml
1.
Jaringan Komputer
22JKP24.21
2
-
2
2.
Perancangan Lingkungan Game
22PLG34.21
2
1
3
3.
Multimedia Interaktif
22MIF34.21
2
1
3
4.
Modeling 3D Hard Surface
22HSM34.21
2
1
3
5.
Animasi Game 2D
22AGD34.21
2
1
3
6.
Perancangan Sistem Game
22PSG24.21
2
-
2
7.
Music Illustration & Sound Effect
22MSE34.21
2
1
3
8.
Produksi Game 2 Dimensi
22PGD44.21
-
4
4
Jumlah
14
9
23
SEMESTER 5
No. |
Mata Kuliah |
Kode Mata Kuliah |
Beban SKS |
||
Teori |
Praktik |
Jml |
|||
1. |
Modeling 3D Organik |
22MDO35.21 |
2 |
1 |
3 |
2. |
Antarmuka Game (Game Interface) |
22AMG35.21 |
2 |
1 |
3 |
3. |
Animasi Game 3D |
22AGT35.21 |
2 |
1 |
3 |
4. |
Penulisan Karya Ilmiah |
22PAI25.21 |
2 |
- |
2 |
5. |
Tinjauan Game |
22TJG25.21 |
2 |
- |
2 |
6. |
Web Browser Game |
22WBG35.21 |
2 |
1 |
3 |
7. |
Game Artificial Intelligence |
22GAI25.21 |
2 |
- |
2 |
8. |
Produksi Game 3 Dimensi |
22PGT45.21 |
- |
4 |
4 |
Jumlah |
14 |
8 |
22 |
SEMESTER 6
No. |
Mata Kuliah |
Kode Mata Kuliah |
Beban SKS |
||
Teori |
Praktik |
Jml |
|||
1. |
Kapita Selekta Game |
22KSG26.21 |
2 |
- |
2 |
2. |
Technopreneur |
22TPR26.21 |
2 |
- |
2 |
3 |
Perancangan Level |
22PRL36.21 |
2 |
1 |
3 |
4. |
Integrasi Game |
22ITG36.21 |
2 |
1 |
3 |
5. |
Produksi Multiplayer Game |
22PMG66.21 |
- |
6 |
6 |
Jumlah |
8 |
8 |
16 |
SEMESTER 7
No. |
Mata Kuliah |
Kode Mata Kuliah |
Beban SKS |
||
Teori |
Praktik |
Jml |
|||
1. |
Produksi Advergame |
22PRA67.21 |
- |
6 |
6 |
2. |
Kerja Praktek |
22KPK47.21 |
- |
4 |
4 |
3. |
Special Effect |
22SFX37.21 |
2 |
1 |
3 |
Jumlah |
2 |
11 |
13 |
SEMESTER 8
No. |
Mata Kuliah |
Kode Mata Kuliah |
Beban SKS |
||
Teori |
Praktik |
Jml |
|||
1. |
Skripsi/Tugas Akhir |
22SPK68.21 |
6 |
- |
6 |
Jumlah |
6 |
- |
6 |
||
TOTAL |
148 |
KETERANGAN :
Dalam rangka implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MB-KM), maka pada semester 6 dan semester 7 diberlakukan ketentuan pelaksanaan kurikulum sebagai berikut :
SEMESTER 6
Pada semester 6, mahasiswa Program Studi Teknologi Permainan diberikan kebebasan untuk memilih mengikuti pendidikan/perkuliahan sesuai dengan kurikulum yang sudah ditetapkan seluruhnya oleh STMM, dan atau mengikuti program “magang” yang dilaksanakan pada Industri/ Studio Game. Syarat untuk dapat mengikuti MBKM adalah dengan mencapai 100 SKS lulus, sedangkan konversi MBKM sebanyak 20 SKS sesuai pada tabel konversi MBKM.
SEMESTER 7
Pada semester 7, mahasiswa Program Studi Teknologi Permainan mengikuti pendidikan/perkuliahan sesuai dengan kurikulum yang sudah ditetapkan seluruhnya oleh STMM, dan mata kuliah Kerja Praktek ditawarkan pada semester ganjil dan genap
DAFTAR KONVERSI MATA KULIAH UNTUK MBKM
-
No.
Mata Kuliah
Kode Mata Kuliah
Beban SKS
Teori
Praktik
Jml
1.
Kapita Selekta Game
22KSG26.21
2
-
2
2.
Technopreneur
22TPR26.21
2
-
2
3
Perancangan Level
22PRL36.21
2
1
3
4
Integrasi Game
22ITG36.21
2
1
3
5
Produksi Multiplayer Game
22PMG66.21
-
6
6
6
Kerja Praktek
22KPK47.21
-
4
4
Jumlah
8
12
20
DAFTAR KONVERSI MATA KULIAH KURIKULUM PERBAIKAN
Kurikulum 2021 |
Kurikulum 2021 Perbaikan |
|||||
No |
Kode Mata Kuliah lama |
Mata Kuliah |
Seme ster |
Kode Mata Kuliah baru |
Mata Kuliah |
Sem ester |
1 |
22SFX36.21 |
Special Effect |
6 |
22SFX37.21 |
Special Effect |
7 |