STMM Putar 20 Animasi Pendek

 

STMM/Oktavian Bagus

FILM ANIMASI : Pemutaran film animasi oleh mahasiswa Prodi Animasi Sekolah Tinggi Multi Media (STMM), di Joint Lecture Room 06 Oktober 2017. 

STMM Putar 20 Animasi Pendek

 YOGYAKARTA -  Sebanyak 20 karya tugas akhir animasi mahasiswa Prodi Animasi Sekolah Tinggi Multi Media (STMM) diputar di Joint Lecture Room, Jumat 6 dan Senin  9 Oktober 2017. Acara bertajuk Play ini merupakan pertanggungjawaban akademik sekaligus sosial para mahasiswa kepada sivitas akademika.

Karya para mahasiswa ini terdiri dari animasi dua dimensi (2D) dan tiga dimensi (3D) dengan berbagai ide cerita. Mulai dari cerita kehidupan sehari-hari, kehidupan keluarga, hingga folklore lokal Indonesia.

Perkembangan penguasan teknik-teknik produksi animasi maupun konten mahasiswa semakin berkembang dari tahun ke tahun. Perkembangan dapat dilihat dari keragaman desain karakter, variasi shot, camera movement, dan lighting. Meski tidak dimungkiri, perkembangan itu belum merata.

Beberapa karya animasi 3D kali pada acara ini misalnya sudah dapat menampilkan keluwesan pergerakan karakter-karakternya. Film “Kotak Mama” karya Okta Wulan Nugraheni misalnya. Karakter utama dalam film ini tidak sekedar terlihat hidup, tetapi memenuhi prinsip-prinsip dasar animasi atau plastis gerakan yang dibutuhkan sebagai sebuah tontonan. Okta, secara konten cerita memberikan pesan pentingnya menjaga kepercayaan. Berbeda tipis secara teknis, pada “Salah Siapa” karya 3D Mahdi Muhammad juga menampilkan animasi yang enak ditonton.  

Beberapa karya animasi 2D juga terlihat membawa ide-ide yang menarik, meski pengerjaan teknisnya tampak belum tuntas. Hal ini wajar, belum semua film yang diputar kali ini diajukan pada tim dosen penguji. Ketua Panitia Rahmat K Jelantik mengatakan pihaknya ingin mengupayakan mahasiswa yang sudah mengerjakan tugas akhir untuk bisa mengikutsertakan dalam acara ini. Sebelumnya pada pemutaran karya tugas akhir biasanya hanya tiga sampai lima karya saja yang diputar.  “Untuk angkatan ini diusahakan bisa diputar semua supaya bisa lebih terasa kebersamaannya,” ujarnya. (Sony Way)