Berita

Berita

Jembatan Penyeberangan Terakhir di Jogja

06/05/2008 08:27

Bagi kota besar seperti Jakarta sebuah jembatan penyeberangan merupakan satu hal yang sangat penting bagi pejalan kaki untuk dapat beralih ke sisi lain jalan raya tanpa terganggu oleh lalu lintas yang ada. Sebenarnya alternatif untuk menyeberang bagi pejalan kaki adalah zebra cross dan jembatan penyeberangan, tapi bagi lalu lintas seramai Jakarta maka jembatan penyeberanganlah pilihan utama, walau banyak orang masih lewat dibawah jembatan penyeberangan. Mereka itu adalah orang2 yang tidak berfikir rasional -> kuliah artificial intelegence kemaren.

Berbeda dengan Jakarta, bagi Jogjakarta yang merupakan kota yang tidak sepadat dan seramai jakarta, sebuah jembatan penyeberangan bukanlah sesuatu fasilitas umum yang dipandang penting, oleh karenanya kita akan sangat jarang menjumpai adanya jembatan penyeberangan di kota Jogjakarta.

Tapi tahukah anda kisah tentang jembatan penyeberangan terakhir yang ada di Jogjakarta? Jembatan penyeberangan yang saya maksud adalah jembatan penyeberangan publik bukan jembatan penyeberangan khusus seperti jembatan penyeberangan yang ada di kampus pertanian UGM ataupun jembatan penyeberangan yang baru dibangun di kampus UIN (IAIN Sunan Kalijaga).

Setahu saya jembatan penyeberangan publik yang terakhir ada di Jogjakarta adalah jembatan penyeberangan yang berada di depan pasar kranggan (sebelah barat tugu). Tapi sayang jembatan tersebut saat ini telah tiada, dengan kisah yang tragis: terpaksa di runtuhkan karena ditabrak oleh sebuah truk kontainer yang tidak tahu batas ketinggian yang dapat dilewati di jalan tersebut. Ya jembatan kini menjadi sejarah karena kecerobohan seorang supir sebuah truk kontainer yang menabraknya beberapa tahun lalu.

Memang jembatan penyeberangan itu tidak langsung roboh ketika peristiwa sadis itu terjadi, tapi karena sudah rusak parah, maka jembatan itu dirobohkan tanpa adanya usaha untuk memperbaiki. Mungkin karena fungsinya yang tidak maksimal. Tapi sebagai sebuah museum jembatan penyeberangan Jogjakarta, seharusnya bangunan ini tetap dijanga dan dilestarikan. Paling tidak sebagai penanda bahwa di kota Pelajar ini pernah ada jembatan penyeberangan.

INFO KAMPUS

animaiexpo

kalenderakademik2014

portaldosen

  MULTIMEDIA | GALLERY

MMTC Flash Streaming

RADIO STREAMING STMM MMTC

ONLINE SUPPORT

Humas

IT Support

Akademik mmtc

Keuangan

FIND MMTC ON

Twitter Facebook Flickr Youtube